alexametrics
Piala AFF 2018

Minta Maaf Saja Tak Cukup, Malaysia!

2 Desember 2018, 05:05:27 WIB

JawaPos.com – Myanmar Football Federation (MFF) geram dengan kasus pengeroyokan suporter Timnas Myanmar yang dilakukan oleh oknum suporter Malaysia, Sabtu (24/11) lalu. Secara terbuka, MFF mendesak Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) untuk menyoroti masalah ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada sekitar 20 suporter Myanmar termasuk di dalamnya perempuan babak belur usai dipukuli oknum suporter Malaysia. Mereka dikeroyok ketika sedang menunggu bus di sekitar Stadion Bukit Jalil.

Bahkan kabarnya, suporter perempuan Myanmar ditendang oleh fans Malaysia. Tiga orang mengalami luka serius dan membutuhkan perawatan medis. Selain itu telepon genggam para pendukung Myanmar juga dirampas oleh para penyerang.

“Ini bukan kasus pertama, bahkan bukan juga yang kedua kalinya. Minta maaf saja tak cukup, Malaysia! Kami mengirim surat kepada AFF dan itu tidak hanya untuk para suporter negara kami,” ujar Sekjen MFF, U Ko Ko Thein yang dikutip dari Fox Sports Asia.

Menurut dia, Malaysia sebagai salah satu tuan rumah harusnya bertanggung jawab penuh terhadap masalah ini. Apalagi, kasus itu sudah berulang terjadi dan seperti ada pembiaran dari petugas keamanan setempat.

“Jika ini terus terjadi di negara tuan rumah, maka itu memengaruhi integritas AFF. Tidak akan ada yang datang menonton pertandingan di masa mendatang. Jadi untuk mencegah hal ini terjadi lagi, kami mengirim surat kepada AFF,” tegasnya.

Myanmar sendiri akhirnya gagal menembus fase semifinal. Sedangkan Malaysia lolos sebagai runner up grup A.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : (ies/JPC)

Minta Maaf Saja Tak Cukup, Malaysia!