JawaPos Radar

Liga Champions 2017-2018

Prediksi Roma vs Liverpool: Petir Tak Pernah Menyambar Dua Kali

02/05/2018, 08:22 WIB | Editor: Agus Dwi W
liverpool
Liverpool juga punya hasrat besar untuk tampil di final Liga Champions. (The Sun)
Share this image

JawaPos.com - Ada satu pepatah, petir tak akan dua kali menyambar tempat yang sama. Tapi, justru pepatah inilah yang akan berusaha dibantah oleh AS Roma di pertandingan kedua semifinal Liga Champions musim ini, Kamis (3/5) dini hari nanti.

Dua kali sudah skuad besutan Eusebio Di Francesco itu kalah dengan skor telak saat bermain di kandang lawan. Pertama takluk 1-4 di kandang Barcelona di babak perempat final, kedua digulung 2-5 oleh Liverpool di Anfield pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Saat bertemu Barcelona di perempat final, Roma sukses menyingkirkan raksasa Spanyol itu dengan skor telak 3-0 di Olimpico. Kini, Edin Dzeko dan kolega ingin mengulang keajaiban tersebut terhadap Liverpool. Kembali menang 3-0 akan mematri nama mereka sebagai finalis Liga Champions musim ini.

as roma
AS Roma harus menang 3-0 untuk bisa mematri satu tempat di final Liga Champions. (AFP)

"Kami harus melakukan sesuatu yang sangat luar biasa. Kami harus percaya, dengan dukungan fans dan gairah seluruh tim, untuk tampil meraih keajaiban berikutnya. Saya senang kami bisa melangkah sejauh ini, tapi saya belum cukup puas. Karena ambisi kami kini adalah melangkah menuju Kyiv (final Liga Champions)," ungkap Di Francesco di uefa.com.

Untuk bisa meraih keajaiban kedua tersebut, Di Francesco tak segan untuk mengulang apa yang telah dilakukan saat menjamu Barcelona. Melakukan strategi dengan pendekatan fisik dan memanfaatkan setiap peluang dengan maksimal.

"Saya mungkin akan melakukan copy and paste dari laga kontra Barcelona," imbuh Di Francesco. "Strategi ini sudah ada di pikiran para pemain. Untuk bisa bersaing dengan Liverpool, kami harus meningkatkan level fisik, ditambah sikap yang tepat terhadap pertandingan, dan berusaha mencetak gol lebih awal untuk mendapatkan dukungan fans yang lebih kuat."

Tak hanya Roma yang menyimpan hasrat tinggi untuk tampil di final Liga Champions musim ini. Liverpool juga punya keinginan yang tak kalah besar. Apalagi, terakhir kali The Reds tampil di final kompetisi terelite di Eropa ini terjadi 11 tahun silam.

"Kami ada di sini untuk memperjuangkan mimpi kami. Banyak orang berpikir Roma cukup menang 3-0, tapi itu hanyalah sebuah hasil. Kami datang ke Roma untuk bertanding, bukan sekadar duduk di ruang ganti," tegas pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Keyakinan pelatih asal Jerman itu makin kuat karena ia bisa kembali menurunkan tridente mautnya. Sadio Mane yang sempat mengalami masalah kebugaran sudah kembali fit dan siap bertempur bersama kompatriotnya, Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Klopp hanya belum bisa menurunkan Emre Can, Oxlade-Chamberlain, Joe Gomez, dan Matip yang masih dilanda cedera. Namun, kubu Roma juga tak bisa menurunkan gelandang serang andalan Kevin Strootman dan Diego Perotti yang pekan lalu mencetak gol ke gawang Liverpool.

"Jika Anda benar-benar ingin menang, Anda harus menerima kenyataan bahwa Anda mungkin saja kalah. Karena itu kami harus benar-benar tampil dengan keberanian tertinggi. Kami ingin tampil di final, itulah mimpi kami. Karena saya pikir kami pantas berada di sana (final)," imbuh Klopp.

Rekor Pertemuan
Total Pertemuan: 8
Roma Menang: 4
Liverpool Menang: 3
Imbang: 1

Di Kandang Roma
Total Pertemuan: 2
Roma Menang: 0
Liverpool Menang: 1
Imbang: 1

5 Pertemuan Terakhir
25/04/18: Liverpool 5-2 Roma
02/08/16: Liverpool 1-2 Roma
24/07/14: Liverpool 0-1 Roma
26/07/12: Liverpool 1-2 Roma
19/03/02: Liverpool 2-0 Roma

5 Pertandingan Terakhir Roma
28/04/18: Roma 4-1 Chievo
25/04/18: Liverpool 5-2 Roma
21/04/18: SPAL 0-3 Roma
19/04/18: Roma 2-1 Genoa
16/04/18: Lazio 0-0 Roma

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
28/04/18: Liverpool 0-0 Stoke City
25/04/18: Liverpool 5-2 Roma
21/04/18: West Bromwich 2-2 Liverpool
14/04/18: Liverpool 3-0 Bournemouth
11/04/18: Man City 1-2 Liverpool

Perkiraan Susunan Pemain
AS Roma: Alisson; Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov; Nainggolan, De Rossi, Pellegrini; Schick, Džeko, El Shaarawy
Absen: Karsdorp, Defrel, Perotti, Strootman (cedera)
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Liverpool: Karius; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Henderson, Milner; Salah, Firmino, Mané
Absen: Matip, Oxlade-Chamberlain, Can, Gomez (cedera)
Pelatih: Jurgen Klopp

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up