JawaPos Radar | Iklan Jitu

Usai Bertemu Komdis, Eks Kalteng Putra Siap Diperiksa Satgas

11 Januari 2019, 14:32:18 WIB
kas hartadi
Kas Hartadi (kanan) siap untuk diperiksa satgas antimafia bola terkait pengungkapan pengaturan skor. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Eks pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi, menyatakan siap untuk diperiksa Satgas Antimafia Bola. Bahkan, dia menyatakan dengan tegas tak pernah jadi bagian dari upaya pengaturan skor selama menjadi pelatih.

Kamis (10/1), Kas Hartadi memenuhi panggilan Komdis PSSI di Rasuna Office Park, Jakarta. Pelatih 48 tahun itu dimintai keterangan terkait dengan beredarnya berita dirinya dicekik ketika PSS Sleman menjamu Kalteng Putra pada 25 September 2018.

Dengan mengenakan kaus oblong biru berlengan panjang, Kas masuk ke ruangan pada pukul 16.00 WIB. Selama sekitar 1,5 jam, dia dimintai keterangan. ”Tidak benar saya dicekik. Saya bingung saja kapan itu terjadi. Kok beritanya banyak sekali,’’ kata dia.

Menurut Kas, selama dua musim menangani Kalteng Putra, dia tak pernah bertemu dengan Vigit Waluyo, yang selama ini dituding sebagai dalang pengaturan skor dalam beberapa laga di Liga 2 musim 2018. ”Saya itu hanya urusan teknis di lapangan. Sebab, tanggung jawabnya di sana. Tim kalah, saya siap dipecat. Yang penting sudah usaha,” ucap dia.

Mantan pelatih Sriwijaya FC itu juga menampik anggapan bahwa dirinya mengetahui pengaturan skor pertandingan Kalteng Putra melawan PS Mojokerto Putra (PSMP). Berdasar keputusan Komdis PSSI pada 22 Desember lalu, ada dua pertandingan PSMP dan Kalteng Putra yang masuk kategori match fixing. Itu juga yang jadi pertimbangan bagi Komdis untuk menghukum PSMP.

”Kalau Komdis bilang begitu, saya tidak tahu. Sebab, sekali lagi, tanggung jawab saya hanya menang, seri, dan kalah,” ungkapnya.

Bahkan, dia menjamin selama dirinya menjadi pelatih di Kalteng Putra, dari semua pertandingan yang dilakoni, tidak ada yang diatur. ”Saya juga siap kok diperiksa satgas (Satgas Antimafia Bola, red). Periksa saja, saya tidak tahu apa-apa. Prinsip saya cuma melatih. Kalah menang itu tanggung jawab,” tuturnya.

Terkait dugaan pengaturan skor di laga PSS vs Kalteng Putra, Manajer PSS di Liga 2 2018, Sismantoro, juga sudah dipanggil Komdis. Namun, dia tidak bisa ditemui untuk dimintai komentar. Ketua Komdis PSSI Asep Edwin membenarkan bahwa pemanggilan Kas dan Sismantoro itu terkait dengan Vigit.

Asep menuturkan, keduanya mengaku tidak pernah bertemu Vigit di pertandingan Kalteng Putra dan PSS. ”Tidak ada yang ngaku lah. Kami cocokkan saja dengan keterangan sebelumnya, nanti baru dikembangkan lagi,” jelasnya. 

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (rid/c11/ham)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini