JawaPos Radar

Khofifah-Emil Siapkan Tiga Saksi di Setiap TPS

18/05/2018, 18:47 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Khofifah Indar Parawansa
Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan pengarahan kepada para saksi di Mojokerto, Jumat (18/5). (Dok. Timses Khofifah-Emil)
Share this image

JawaPos.com - Pemungutan suara di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018 kurang dari dua bulan lagi. Tepatnya akan digelar pada 27 Juni mendatang. Serangkaian persiapan pun terus dilakukan.

Termasuk Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak. Pasangan nomor urut 1 itu telah menyiapkan saksi yang akan mengamankan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tidak hanya satu orang, tim Khofifah-Emil akan menyiapkan 3 orang di masing-masing TPS hingga tingkat kecamatan. Seperti di Mojokerto yang telah disiapkan sebanyak 3.400 saksi. Sebelum bertugas, para saksi telah mendapatkan pelatihan khusus dari tim pemenangan.

"Penekanannya, nanti saksi kami akan berangkat dari SOP yang ada. Yang jelas, kami berharap per TPS harus sudah ada data daftar pemilih tetapnya siapa saja," kata Khofifah saat di Mojokerto, Jumat (18/5).

Ribuan saksi tersebut terdiri dari unsur relawan, simpatisan dan masyarakat. Mereka akan ditempatkan di 68.511 titik TPS. "Kami ingin bahwa DPT semua terpantau. Dari DPT itu yang memilih berapa persen. Semua terpantau sampai di kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi. Semua tidak ada yang lolos," ungkapnya.

Khofifah berharap para saksi ditugaskan sesuai dengan tempat memilih. Tujuannya agar mereka sekaligus bisa menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni nanti.

"Mengamankan suara satu TPS, tapi jangan kehilangan suara panjenengan (Anda). Betapa pentingnya panjenegan menjadi saksi. Panjenengan juga haru menggunakan hak pilih," tegas Khofifah.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Jatim 2018 sebanyak 30.155.719 jiwa. Rinciannya, 15.315.352 pemilih perempuan dan 14.540.367 pemilih laki-laki.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up