JawaPos Radar

Ledakan Ketel Diakibatkan Kurang Edukasinya Pelaku Usaha

18/05/2018, 16:17 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ledakan Ketel
KUNJUNGAN: Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto (dua dari kanan) didampingi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berkunjung  ke rumah korban ledakan, Jumat (18/5).  (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Peristiwa meledaknya ketel pembuatan tahu di Jalan Wukir gang IX A, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (18/5), rupanya diakibatkan karena ketidaktahuan pelaku usaha dalam menggunakan ketel uap tersebut.

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto menerangkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) awal, dinyatakan bahwa penyebab kejadian ini dikarenakan adanya ledakan ketel uap yang tidak sesuai dengan speknya. "Tadi juga berbicara dengan para pengusaha tahu, ketel ini dibuat dari drum biasa," ujarnya ketika mengunjungi rumah korban akibat ledakan, Jumat (18/5) siang.

"Pada saat uap panas, benar benar panas, tidak ada penyaluran uap. Sehingga terjadi ledakan," lanjutnya. Dia menjelaskan, uap panas tersebut diambil untuk melunakkan kedelai.

Dia menerangkan, tidak ditemukan bahan peledak apapun di lokasi kejadian. "Tidak ada bahan peledak. Ini drum yang memang sudah tinggi uap panasnya dan tidak bisa dibendung lagi, sehingga drum itu membuat suatu daya ledak dan menghantam tembok," papar dia.

Menurutnya, beberapa penggiat usaha di kawasan tersebut memang membuat sendiri ketel uap pembuatan tahu. Ke depannya, dirinya menginginkan adanya edukasi bagi pelaku usaha di bidang ini. 

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menambahkan, ke depannya pengusaha harus tahu apapun dasar ilmu untuk mengoperasikan mesin ketel dengan benar. 

Selanjutnya, untuk korban meninggal, pihaknya akan memberikan santunan kepada keluarganya. "Sudah ada nilainya di perwali. Kalau yang di Rumah Sakit, akan meng-cover biaya sepenuhnya rumah sakit. Untuk perbaikan juga sudah ada biayanya di kesra. Semuanya akan di cover," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Warga Jalan Wukir gang IX A, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu dikejutkan oleh suara ledakan menyerupai bom, Jumat (18/5) pagi. Rupanya, suara tersebut berasal dari ledakan ketel di salah satu rumah yang juga menjadi tempat pembuatan tahu. Akibat kejadian tersebut, satu orang meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up