JawaPos Radar

Sandiaga: Jakarta Juara Dunia Kualitas Udara Terburuk

18/05/2018, 15:44 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Kualitas udara di Jakarta mengkhawatirkan. Bahkan kota yang diprediksi menjadi kota megapolitan terbesar di dunia pada 2045 tersebut ditetapkan sebagai juara dunia kualitas udara terburuk sedunia. Mirisnya, kualitas udara Jakarta mengalahkan kota lain seperti Lahor, Daka, dan Beijing yang juga tercatat memiliki kualitas udara buruk.

“Jakarta menjadi juara dunia untuk hal yang salah, yaitu kita nomor satu dari indeks quality terburuk udara,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Kamis (17/5).

Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat mendorong bahan bakar kendaraan yang berbasis ramah lingkungan. Dirinya bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup berpikir untuk mengeluarkan health advisory. 

“Dengan kualitas udara yang buruk ini apakah masih dianjurkan untuk orang-orang seperti saya berolahraga di luar seperti lari pagi dan bersepeda,” katanya.

Politikus Partai Gerindra itu merasa takut tercemar udara buruk, sebab oksigen akan banyak terhirup saat berolahraga. “Kalau olahraga di luar kan mengambil oksigen banyak sekali. Kalau jalan, mungkin tidak terpengaruh, tapi kalau olahraga mungkin ada health advisory,” imbuh dia.

Sebelumnya, Sandi me-launching program pengurangan buruknya kualitas udara yang digagas PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Mereka memproduksi bahan bakar gas yang akan mengurangi emisi kendaraan.

“Jakpro me-launching program langit biru untuk bahan bakar kendaraan berbasis gas,” pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up