JawaPos Radar

Asnawi Dipanggil Timnas, Begini Respons Pelatih PSM

18/05/2018, 02:05 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
PSM Makassar, Liga 1 2018, Timnas U-19, Asnawi Mangkualam Bahar, Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts bicara terkait pemanggilan Asnawi ke pemusatan latihan Timnas U-19 (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengaku berat melepas salah satu gelandang mudanya, Asnawi Mangkualam Bahar untuk memperkuat Timnas U-19 Indonesia dalam persiapan menghadapi turnamen Piala AFF U-18 dan Piala Asia U-19. Robert Alberts menilai Asnawi dibutuhkan tim dalam laga di Liga 1 2018.

Seperti diketahui, sebanyak 28 pemain dipersiapkan Indra Sjafri dalam agenda pemusatan latihan (TC) di Jogjakarta pada 19-27 Mei 2018. Mengacu pada aturan FIFA, menurut Robert Alberts, pemain profesional yang terikat kontrak dengan klub, tidak sepenuhnya diizinkan atau dipinjamkan tanpa persetujuan klub yang dibelanya.

"Saya terus berulang kali mengutarakan ini. Kalau kita ikuti aturan FIFA, dan ketika kita merujuk apakah ada hubungannya komitmen dengan FIFA, kita tidak perlu mempertanyakan itu. Tapi, bagaimana pun, manajemen akan memikirkan itu untuk membantu Timnas Indonesia," beber Robert Alberts usai memimpin latihan tim di stadion Andi Mattalatta Mattoangin (AMM), Makassar, Kamis (17/5).

Pemusatan latihan Timnas U-19 akan dilangsungkan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Berdasar pemantauan yang dilakukan Indra Sjafri pada beberapa klub beberapa bulan terakhir, Asnawi termasuk dalam 28 pemain yang dipanggil.

Robert Alberts menegaskan bahwa Asnawi sangat diperlukan untuk memperkuat tim dalam laga di Liga 1 2018. Kontibusinya sebagai pemain inti sangat diperlukan untuk merebut hasil maksimal dalam laga selanjutnya.

Manajemen PSM menurut Robert Alberts tentu akan mempertimbangkan sepenuhnya terkait melepas Asnawi untuk memperkuat timnas. "Demi sepak bola Indonesia mungkin kita akan melepas Asnawi, tapi setelah pertandingan dalam waktu dekat ini selesai," tutup Robert Alberts.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up