JawaPos Radar

Tenaga Kerja Asing Bermasalah, Segera Laporkan ke Sini

17/05/2018, 19:36 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Tenaga Kerja Asing Bermasalah, Segera Laporkan ke Sini
Ilustrasi Tenaga Kerja Asing (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Banyaknya tenaga kerja asing (TKA) bukan berarti tanpa masalah. Sehingga penting dibentuk satgas dan pengawas lainnya. Sehingga para TKA tersebut dapat diawasi apabila melakukan sebuah pelanggaran, apalagi ilegal dan menyalahi aturan hukum.

"Satgas ini akan menerima laporan-laporan dari masyarakat, yang merasa adanya tindakan pelanggaran hukum atau dianggap ilegal," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, di Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (17/5).

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Dirjen PPK dan K3) juga menyampaikan, nantinya satgas akan bekerja sesuai dengan hasil laporan-laporan dari  masyarakat.

"Rencana kerja satgas akan lakukan pembinaan dan pengawasan penggunaan TKA secara selektif, mana saha yang menjadi diskusi masyarakat dan akan diprioritaskan" ujarnya.

Kemudian satgas ini akan membuat laporan secara berkala selama tiga bulan sekali, untuk memonitoring laporan apa saja yang telah dilaporkan.

"Tiga bulan laporan wajib. Jadi satgas wajib lapor ke menteri tiga bulan sekali atau kalau sewaktu waktu diperlukan," ungkap Sugeng.

Masyarakat dapat melaporkan dugaan tindakan pelanggaran atau yang dianggap ilegal ke Kementerian Ketenagakerjaan.

"Selama ini kita nggak ada satgas orang juga bisa lapor ke kita, ke kementerian juga bisa. Kalau ada satgas orang bisa lapor (ke satgas)," tukasnya.

(ipy/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up