JawaPos Radar

Wah, Penggemar Sepakbola tak Perlu Visa Buat Nonton Piala Dunia 2018

17/05/2018, 18:22 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wah, Penggemar Sepakbola tak Perlu Visa Buat Nonton Piala Dunia 2018
Anda tidak memerlukan visa, cukup tunjukkan tiket dan ID penggemar (Fan ID) (Websiste Resmi Kedutaan Rusia)
Share this image

JawaPos.com - Piala Dunia 2018 akan digelar pada 14 Juni sampai 15 Juli mendatang. Selama sebulan penuh, sebanyak 32 negara akan bertarung untuk memperebutkan status terbaik di dunia. Lalu bagaiaman cara untuk sampai ke Rusia bagi warga Indonesia?

Visa

Jika Anda ingin melihat pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia pastinya Anda membutuhkan visa. Syarat pengajuan visa seperti pengajuan visa lainnya yaitu mengisi formulir visa secara online, siapkan paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan ke depan, foto 3x4 (2 foto), dan voucher visa dan konfirmasi akomodasi yang dikeluarkan oleh organisasi wisata tersertifikasi.

Biaya pengajuan visa untuk satu kali masuk dengan durasi perjalanan 30 hari adalah untuk kelas standar (4-20 hari) dengan biaya USD 70, untuk kilat (1-3 hari) dengan biaya USD 140. Ada juga visa dua kali masuk dengan durasi 30 hari yaitu standar (4-20 hari) USD 112, untuk kilat (1-3 hari) USD 224.

Seperti dilansir Website Resmi Kedutaan Rusia, ada kabar gembira bagi para penggemar sepakbola yang sudah memiliki tiket menonton Piala Dunia 2018. Anda tidak memerlukan visa, cukup tunjukkan tiket dan ID penggemar (Fan ID). ID penggemar adalah kartu khusus yang dikeluarkan oleh Pemerintah Rusia untuk penonton atau pengunjung Piala Dunia 2018 dengan memberi hak masuk bebas visa bagi warga asing.

Kartu ini hanya dikeluarkan satu kali dan bisa dipergunakan untuk semua pertandingan. Kunjungi situs fan-id.ru dan ikuti instruksinya. Untuk mendapatkan ini, harus ada tiket piala dunia, kalau tidak Fan ID atau ID Penggemar tidak bisa diproses. Proses pengajuan akan berlangsung 72 jam sejak pengisian formulir.

Transportasi

Untuk tiket pesawat terbang mencapai ke Rusia jika menggunakan Qatar Airways Jakarta-Moskow pulang pergi sekitar Rp 40,8 juta. Sampainya di sana penggemar bola bisa menggunakan bus, angkutan umum, dan kereta cepat untuk pergi antar kota di Rusia.

Untuk tiket kereta bisa menggunakan web resmi berlogo FIFA di eng.rzd.ru harga tiket antar kota beragam minimal Rp 350.000. Selain kereta api, ada juga perjalanan antar kota dengan menggunakan pesawat. Pilihannya bisa Aeroflot, Rossiya, S7, Aurora, dan maskapai yang terkenal murah yaitu Pobeda.

Ada 11 kota tuan rumah untuk Piala Dunia 2018 yaitu Moskow, Saint Peterburg, Sochi, Kazan, Kaliningrad, Yekaterinburg, Nizhny Novgorod, Rostov-na-Donu, Samara, Saransk, dan Volgograd. Timnas Rusia akan membuka babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow pada 14 Juni 2018.

Penginapan

Jelang Piala Dunia banyak hotel yang menaikkan tarifnya. Hotel bintang lima Helvetia sekitar Rp 13,6 juta per malam. Hotel bintang 4 seperti The Ambassador Hotel sekitar Rp 7 juta per malam. Sebaiknya, pilihlah hotel bintang tiga kebawah. Contohnya, Hotel Baltiya di St. Petersburg memberikan harga sekitar Rp 2 juta per malam.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up