JawaPos Radar

Awasi Tenaga Kerja Asing, Kemenaker Bentuk Satgas

17/05/2018, 16:11 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Awasi Tenaga Kerja Asing, Kemenaker Bentuk Satgas
Ilustrasi tenaga kerja asing (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri hari ini menyusun satuan petugas khusus yang menangani pengawasan tenaga kerja asing (TKA).

Langkah ini merupakan rekomendasi panitia kerja kokisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI kepada kementerian. Selain itu juga sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan.

"Di dalam undang-undang tersebut mengamanatkan pengaturan penggunaan TKA. Di dalamnya juga menyebutkan negara terbuka dan tidak melarang keberadaan TKA," ujar Hanif, di Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (17/5).

Hanif menegaskan bahwa UU TKA bukan untuk melarang, namun harus sesuai dengan ketentuan dan  peraturan yang ada. Kemudian apabila ditemukan data yang ilegal maka satgas akan bertindak.

Pembentukan satgas ini melibatkan 25 kementeriam dan lembaga terkait. "Dengan dibentuknya satgas TKA, maka pengawasan akan lebih terintegrasi sebab melibatkan 24 kementerian dan lembaga terkait," lanjut Hanif.

Satgas ini diketuai oleh Iswandi selaku Direktue Bina Penegakan Hukum Kementerian Ketenagakerjaan. Satgas ini bertugas membina, mencegah, menindak dan menegakkan norma penggunaan TKA sesuai tugas dan fungsi lembaga masing-masing.

"Contohnya terkair pengawasan TKA bidang pertambangan, maka secara teknis akan banyak melibatkan Kementerian ESDM, apabila kesehatan maka yang terkait adalah Kementerian Kesehatan," tukas Hanif.

(ipy/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up