JawaPos Radar

Bathara Kresna Diminta Bisa Berhenti di Kawasan Wisata

17/05/2018, 15:12 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Batara Kresna
PERAWATAN: Salah seorang petugas tengah melakukan perbaikan pada railbus Batara Kresna belum lama ini. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar operasional kereta api Perintis Bathara Kresna bisa lebih fleksibel. Rudy berharap, kereta dengan rute perjalanan Solo-Wonogiri tersebut bisa berhenti di beberapa lokasi wisata yang ada di Kota Solo. Tujuannya adalah untuk mendongkrak potensi wisata di Solo. 

Usulan tersebut sebagaimana disampaikan Rudy saat peresmian operasional kereta api Solo Ekspres di Stasiun Balapan, Solo, Jateng, Kamis (17/5). Rudy menambahkan, selama ini kereta perintis melintasi sejumlah destinasi wisata di Solo. Seperti kawasan Keraton Kasunanan Surakarta, kompleks Pasar Klewer, Museum Keris, Museum Radya Pustaka dan destinasi wisata lainnya. 

"Agar kereta api Perintis Bathara Kresna bisa berhenti di setiap tujuan wisata. Seperti Museum Keris, museum Batik Danar Hadi, Keraton. Sehingga, bisa mendongkrak kunjungan wisatawan di Solo," terang Rudy.

Selama ini, para penumpang kereta api Perintis Bathara Kresna hanya melakukan perjalanan dari Solo-Wonogiri dan sebaliknya. Selama perjalanan, mereka hanya sempat melihat destinasi wisata saja tanpa bisa datang langsung. 

Nantinya, jika kereta bisa berhenti di tempat wisata, Rudy optimis maka potensi wisata yang ada di Solo akan semakin bagus. "Selama ini kan penumpang hanya turun di stasiun, jadi nanti diupayakan bisa berhenti di tempat-tempat itu," katanya.

Menanggapi hal itu, Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub, Zulfikri mengatakan, usulan tersebut akan dibahas lebih lanjut bersama dengan pihak yang mengelolanya. "Nanti kami bahas dulu, kalau untuk jumlah penumpang kereta api Perintis Bathara Kresna, sudah lebih banyak yakni di atas 50 persen," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up