JawaPos Radar

Efektif Atasi Jerawat, Lakukan Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya

Resep masker jerawat

17/05/2018, 16:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Efektif Atasi Jerawat, Lakukan Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya
Lidah buaya dianggap ampuh mengatasi jerawat. (Bodybuilding.com)
Share this image

JawaPos.com - Jerawat adalah salah satu masalah bagi kulit wajah. Munculnya jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Tak jarang, berbagai langkah pengobatan mahal pun dilakukan untuk menghilangkan jerawat dari wajah.

Tapi, sebenarnya banyak bahan alami yang bisa mengusir jerawat. Dilansir dari healthy guide, Kamis (17/5), lendir lidah buaya bisa mengatasi jerawat membandel. Gel lidah buaya mengandung asam salisilat dan sifat anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

Sifat-sifat astringen yang ditemukan dalam lidah buaya membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Sehingga mencegah timbulnya jerawat. Bagaimana cara? Berikut beberapa resep yang menggunakan lidah buaya dicampur bahan alami lainnya.

Efektif Atasi Jerawat, Lakukan Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya
Sifat-sifat astringen yang ditemukan dalam lidah buaya membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. (TheHealthSite.com)

1. Lidah Buaya Murni

Gel lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri, yang membantu membersihkan luka. Bahkan, menyembuhkan luka bakar serta membasmi jerawat pada wajah.

Oleskan lidah buaya murni dengan limpah ke area kulit yang berjerawat. Biarkan pada malam hari selama tertidur. Bilas dengan air bersih di pagi hari berikutnya. Ulangi aplikasi ini sekali sehari.

2. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Jika Anda tidak yakin tentang penggunaan lidah buaya untuk jerawat, maka Anda dapat mempertimbangkan menggabungkan lidah buaya dan minyak zaitun. Menurut sebuah penelitian minyak zaitun kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sehingga dapat menembus kulit secara mendalam sambil memberikan efek pembersihan.

Campur minyak zaitun dengan jus lidah buaya selama 5 menit. Lalu oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 40 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat. Ulangi perawatan rumah ini secara teratur.

3. Lidah Buaya dan Jus Lemon

Sifat antibakteri yang ditemukan dalam gel lidah buaya dan lemon yang dapat membersihkan jerawat sekaligus mencegah jerawat. Selain itu, kandungan lemon dapat membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori, sehingga mencegah mereka tersumbat.

Campurkan perasan lemon dengan gel lidah buaya untuk membuat pasta. Kemudian, gunakan pasta ini pada area kulit yang terinfeksi dan biarkan semalaman. Jika pasta terlalu lengket, biarkan selama lebih dari 60 menit sebelum mencucinya. Ulangi masker rumahan ini setiap malam sampai jerawat Anda sembuh.

4. Lidah Buaya dan Madu

Madu mengandung antioksidan dan sifat antibakteri. Campuran lidah buaya dan madu berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengontrol produksi sebum berlebih. Selain itu, madu juga mengandung sifat penyembuhan kulit yang diperlukan untuk mengobati masalah kulit termasuk jerawat.

Campur semua bahan untuk membuat pasta halus. Kemudian, oleskan masker wajah ini pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Ulangi masker rumahan ini tiga kali seminggu.

(ce1/fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up