JawaPos Radar

Siaga Kebakaran Hutan, Sumsel Siapkan Helikopter dan Pesawat

17/05/2018, 14:01 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Simulasi Karhutla
Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terus berupaya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel telah menyiagakan satu helikopter dan pesawat.

"Pesawat dan helikopter ini yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedangkan satu helikopter lagi dalam waktu dekat besok atau lusa," kata Kepala Posko Media Satgas Penanggulangan Bencana Asap, Ansori saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (17/5).

Dijelaskannya, helikopter yang disiagakan yakni satu jenis bolkow untuk patroli sedangkan untuk pesawat yakni jenis cassa untuk TMC atau modifikasi cuaca. Untuk satu lagi yang nantinya didatangkan dalam waktu dekat yakni helikopter jenis airbus. 

"Kami berharap dengan bantuan helikopter dan pesawat ini mampu mencegah dan meminimalisir terjadinya Karhutla mengingat Palembang menjadi tuan rumah Asian Games," terangnya.

Ia juga menambahkan, selain menyiagakan satu helikopter dan pesawat. Untuk antisipasi terjadinya karhutla, pihaknya telah menetapkan status siaga sejak Februari lalu, dan terus melakukan sosialisasi baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pihak perkebunan.

Saat ini juga pihak penegak hukum seperti Pangdam, dan Kapolda telah mengeluarkan maklumat larangan membakar. Bahkan, telah dibentuk tim patroli terpadu untuk memantau yakni sebanyak 50 posko yang dapat mengcover 100 desa terdekat.

"Kami juga dibantu pihak perkebunan untuk melakukan pencegahan terhadap karhutla ini," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up