JawaPos Radar

Liga 1 2018

Menanti Kejutan Dejan Antonic dan Borneo FC di Kandang PSM

17/05/2018, 13:58 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Borneo FC, Liga 1 2018, PSM Makassar, Dejan Antonic
Dejan Antonic siap membawa Borneo FC kembali meraih kemenangan (Fuad Muhammad/Kaltim Post)
Share this image

JawaPos.com - Sudah delapan pertandingan dilalui, pelatih Borneo FC, Dejan Antonic belum memberikan sentuhan gemilang lagi. Permainan tim pun mengalami tren negatif tanpa kemenangan pada lima laga terakhir. Paling mencolok adalah produktivitas gol mengalami minus dibanding angka kebobolan atau kemasukan.

Kondisi tersebut terbilang parah mengingat tim berjuluk Pesut Etam tergolong garang di lini depan pada dua musim terakhir. Di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, Borneo FC bahkan menjadi tim paling subur bersama Sriwijaya FC dengan mencetak 62 gol. Capaian itu tak mampu disamai oleh sang juara Persipura Jayapura (53 gol).

Sedangkan musim lalu, Borneo FC tampil lebih baik dengan finis di peringkat kedelapan (52 poin). Namun produktivitas menurun menjadi 50 gol.

Berdasar delapan laga terakhir sejak dua tahun lalu, musim ini di Liga 1 2018, capaian Lerby Eliandry cs terbilang buruk. Kebobolan 12 gol dan hanya mampu memasukkan 8 gol jelas ada penurunan.

Bagaimana dengan delapan laga awal di ISC 2016? Pesut Etam mampu mencetak 13 gol dan hanya kebobolan 7. Sementara musim lalu di Liga 1 2017, Borneo FC mengkreasikan 12 gol dan kebobolan 10.

Dari segi formasi, sebenarnya tak ada yang berubah. Sejak era Dragan Djukanovic, Iwan Setiawan, Ricky Nelson, hingga sekarang di bawah asuhan Dejan Antonic tetap memakai 4-2-3-1. Perbedaannya adalah pada materi lini depan. Musim ini adalah kali pertama Borneo FC berkompetisi tanpa Terens Puhiri dan Rifal Lastori yang dipinjamkan ke klub lain. Suplai bola yang biasanya lancar ke striker, tahun ini tampak mandek.

Terkait hal itu, Dejan sebagai juru taktik saat ini enggan mencari alasan. Terkait performa minor tim, dia mengatakan tak lain masalah mental. "Mental bertanding yang bermasalah. Karena saat latihan semua persiapan sangat berjalan lancar," kata Dejan seperti dilansir Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Tidak banyak waktu jelang lawatan ke PSM Makassar, Sabtu (19/5). Dejan terus berpikir keras. Dia mengaku mencari formula terbaik untuk menang di kandang lawan. "Situasi saat ini jelas kurang baik. Saya akan coba manfaatkan pemain yang ada. Rotasi akan dicoba," pungkasnya.

(epr/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up