JawaPos Radar

Indeks Saham Syariah, Pendatang Baru BEI Saat Ramadan

17/05/2018, 13:48 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Indeks Saham Syariah, Pendatang Baru BEI Saat Ramadan
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Awal Ramadhan kali ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks saham syariah, yaitu Jakarta Islamic Index 70 (JII70). JII70 merupakan indeks atas 70 saham syariah yang memiliki kapitalisasi pasar dan likuiditas transaksi tinggi.

Kepala Divisi Komunikasi BEI Oskar Herliansyah menyampaikan, indeks saham bagi ini dapat menjadi menjadi alternatif acuan bagi para investor dan pengelola dana dalam melakukan investasi. 

Oskar menjelaskan, Indeks JII70 dipilih dari saham syariah yang masuk dalam konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan telah tercatat selama 6 bulan terakhir. Selanjutnya Indeks JII70 dipilih menggunakan kapitalisasi pasar dan rata-rata nilai transaksi harian di pasar reguler.

“Metode perhitungan indeks JII70 sama dengan mayoritas indeks saham yang ada di BEI, yakni Market Capitalization Weighted,” ujarnya di Jakarta, Kamis (17/5).

Oscar menyebut,Indeks JII70 akan dilakukan peninjauan berkala setiap akhir bulan Mei dan November untuk selanjutnya akan efektif setiap hari bursa pertama di bulan Juni dan Desember. 


(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up