JawaPos Radar

Jelang Pilpres, Elite PKS Sebut Kemungkinan Prabowo Jadi 'King Maker'

17/05/2018, 13:25 WIB | Editor: Kuswandi
Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid menyebutkan bahwa dinamika dalam perhelatan Pilpres 2019 masih terbuka. Begitupula kemungkinan Ketua Umum Partai Gerindra yang nantinya akan memutuskan sebagai 'King Maker'.

"Sebelum didaftarkan, semua dinamika mungkin akan terjadi, mungkin juga Pak Prabowo akan menyatakan "Ya saya menyerahkan pada yang lain"," kata Hidayat di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (17/5).

Hidayat pun mencontohkan pengalaman pada pemilihan kepada daerah DKI Jakarta 2017 lalu. Kala itu, partai Gerindra bersikukuh untuk menempatkan kadernya, Sandiaga Uno sebagai calon gubernur.

Namun, lanjut Hidayat, keputusannya justru berbalik. Partai berlambang kepala burung Garuda itu pun mengalah untuk memberikan kursi DKI 1 kepada mantan menteri pendidikan, Anies Baswedan.

"Di Pilgub DKI kan jelas, Gerindra waktu itu kan keputusannya Pak Sandi untuk DKI I, ternyata bisa berubah menjadi DKI II," ungkapnya.

Meski demikian, dirinya pun tak sepakat pula berpikir bahwa nantinya Prabowo justru lebih memilih menjadi cawapres. Baginya, dengan elektabilitas mantan Pangkostrad TNI itu yang masih sengit dengan Jokowi, segala kemungkinan selayaknya di pilkada DKI Jakarta masih bisa terjadi.

"Mungkin Pak Prabowo kemudian bisa menyerahkan mandat yang sudah diterima dari Gerindra untuk diberikan kepada capres yang lain yang diyakini lebih mampu," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up