JawaPos Radar

Diam-diam, Pemerintah Impor Satu Juta Ton Beras Sejak Awal 2018

17/05/2018, 09:28 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Diam-diam, Pemerintah Impor Satu Juta Ton Beras Sejak Awal 2018
Pemerintah impor beras satu juta ton sejak awal 2018. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) kembali melakukan impor beras sebanyak 500 ribu ton dari Thailand dan Vietnam. Media asal Vietnam, The Voice of Vietnam pada 4 April melansir bahwa impor beras ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan Indonesia sejak awal 2018.

Beberapa sumber berita asing melaporkan bahwa pada akhir Maret, Badan Urusan Logistik (Bulog) menandatangani kontrak untuk membeli 300 ribu ton beras dari Vietnam dan 200 ribu ton dari Thailand.

Ketua Asosiasi Makanan Vietnam (VFA) Nguyen Ngoc Nam membenarkan laporan tersebut. Dia mengatakan Bulog mengundang Vietnam Northern Food Corporation dan Perusahaan Makanan Selatan Vietnam untuk memasok beras.

“Kontrak ini akan dilakukan dari April hingga Juli tahun ini," dikutip JawaPos.com, Kamis (17/5).

Tambahan impor beras ini menjadikan pengadaan beras dari luar negeri mencapai satu juta ton sejak awal 2018. Impor beras yang pertama diputuskan lewat Rapat Koordinasi Terbatas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada 15 Januari 2018 lalu. Dalam rakortas itu, pemerintah memutuskan impor beras sebanyak 500 ribu ton dari Asia Selatan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat dikonfirmasi mengatakan keputusan untuk menambah impor beras lantaran harga beras di pasar yang masih tinggi.

"Jangan tanya berapa lama, kita lihat harga sudah turun belum," kata Darmin di kantornya, Rabu (17/5).

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up