JawaPos Radar

Tampil Bersih dan Cemerlang Dengan Veneer Gigi

17/05/2018, 08:25 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tampil Bersih dan Cemerlang Dengan Veneer Gigi
Proses Veneer gigi di Jet-Z Dental Aesthetic Clinic. (Jet-Z Dental Aesthetic Clinic)
Share this image

JawaPos.com - Kebutuhan perawatan gigi kini tak hanya dalam hal kesehatan. Tapi juga penampilan. Sebab susunan gigi geligi yang baik ikut menentukan bentuk wajah. Karena itu, masyarakat dari berbagai kalangan kini mulai memperhatikan bentuk kesehatan gigi dalam hubungan dengan estetika.

Situasi ini sedikit banyak dipengaruhi dengan gaya hidup sehari-hari. Hampir pasti setiap aktivitas kita kini selalu memberi efek pada gigi. Pola makan misalnya, setiap hari gigi terpapar asam dan makanan yang manis -manis. Sedikit banyak pasti mempengaruhi kesehatan gigi jika tidak dijaga. Terutama sisa makanan yang kalau dibiarkan akan jadi asam dan bisa mengikis lapisan pelindung terluar gigi.

Belum lagi kebiasaan kita yang mulai jarang minum air putih. Di hampir setiap acara-acara penting yang melibatkan para profesional, sajian minuman terbaik justru yang berkarbonasi, mengandung anggur atau alkohol. Padahal, jenis minuman tersebut termasuk yang langsung membikin efek buruk pada gigi karena tingginya kandungan gula dan asam.

Tampil Bersih dan Cemerlang Dengan Veneer Gigi

Kondisi ini jelas tidak bagus bagi sebagian besar dari kita yang dituntut untuk selalu tampil cantik di depan publik. "Jangan sampai gigi terlihat tidak bersih apalagi kuning. Itu akan sangat mengganggu penampilan keseluruhan," kata drg David Andreasmito, owner Jet-Z Dental Aesthetic Clinic.

Meskipun begitu, dental techonology yang sudah maju kini bisa membuat gigi yang kusam bisa terlihat bersih dan putih. Caranya dengan layanan veneer. Veneer merupakan prosedur kecantikan dengan cara menempelkan bahan pada lapisan terluar gigi. Bisa berupa komposit atau porselen.

”Veneer dilakukan untuk memperbaiki bentuk, warna, dan posisi gigi. Prosedurnya dengan mengurangi email gigi pada bagian yang akan ditampilkan kemudian menempelkan bahan pada gigi,” kata drg David.

Seperti treatment pilihan model sekaligus sosialita Levina Faby. Faby memilih veneer untuk membuat penampilan giginya lebih bagus. Untuk bahan veneer, dia memilih composite daripada porselen. Alasannya, composite jauh lebih natural daripada porselen. ”Keputusan untuk memilih veneer composite sudah melalui konsultasi dengan dokter di Jet-Z,” katanya.

Memang, sebelum melakukan treatment yang sedang digandrungi para seleb ini, drg David menyarankan untuk melakukan konsultasi dulu. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya ini, veneer sebaiknya dilakukan kalau memang dibutuhkan, misalnya memiliki posisi gigi atas terlalu masuk ke dalam.

"Kalau profil gigi sudah rapi dan warna normal tapi minta di-veneer, hasilnya malah mengurangi estetika wajah secara keseluruhan,” katanya.

Demikian juga dengan warna gigi. Drg David akan menolak jika ada pasien yang meminta gigi dibikin putih merata. "Warna gigi kita memang tidak sama. Makin ke belakang, warnanya makin gelap. Kalau dibuat putih rata, hasilnya malah terlihat tonggos.

"Kita harusnya tidak bangga dengan gigi yang berwarna putih karena itu artinya tidak sehat. Gigi sehat, lapisan email-nya berwarna putih bening,” imbuhnya.

Menurut drg David, veneer akan tepat dilakukan bagi mereka yang memiliki gigi tidak rata, warna gigi kecokelatan atau email gigi sudah rusak. “Jadi lebih baik dikikis untuk dilapisi dengan komposit maupun porselen," kata drg. David.

Veneer terbukti aman. Faby sendiri sudah membuktikannya. Selama bertahun-tahun, dia memilih veneer untuk membuat susunan giginya terlihat lebih rapi dan putih alami. Setiap enam bulan sekali dia melakukan check up rutin di Jet-Z. “Dan tidak pernah ada masalah. Justru setelah menggunakan veneer lebih percaya diri,” Katanya.

“Yang dilihat tidak hanya kondisi giginya. Tapi juga hasil akhir pada penampilan wajah kita. Jangan sampai gigi yang terlalu putih bersih justru terlihat lebih menonjol dari keseluruhan penampilan kita,” kata Feby yang juga memiliki sekolah modeling ini.

Di Surabaya Health Season yang sedang heboh di Kota Pahlawan, Jet-Z ikut pula meramaikan. Jet-Z menawarkan promo berupa pembersihan karang gigi dan polishing. Semuanya hanya dibanderol Rp. 200.000!

(adv/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up