JawaPos Radar

Cantik dan Trendi, Benarkah Sepatu Plastik Aman untuk Kesehatan?

17/05/2018, 07:15 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Cantik dan Trendi, Benarkah Sepatu Plastik Aman untuk Kesehatan?
Contoh pemakaian sepatu plastik. (Backgrid/Getty Images)
Share this image

JawaPos.com - Tren sepatu terus berkembang. Dari mulai flat shoes, heels, sneakers, wedges, dan lainnya. Materialnya pun beragam, yakni kulit asli hingga sintetis. Namun kini, ada alas kaki dari plastik yang transparan dan banyak digunakan oleh artis Hollywood papan atas.

Ketika dipakai, sepatu tersebut menampakkan keindahan kaki si pemakai dari dalam. Namun, tak jarang, keadaan di dalam sepatu membuat kaki menjadi panas hingga beruap. Pasalnya saat tertutup, kaki menjadi sulit bernapas.

Akan tetapi ketika sepatu tersebut sudah terpasang di kaki Rihanna tentu tetap mengagumkan. Begitu juga pada Bella Hadid yang menyukai tampilan tumit tembus pandang. Tren sepatu ini pun pernah terlihat membalut kaki Kim Kardashian. Dan yang paling akhir, Kristen Stewart melangkah keluar dalam sepatu bot transparan dari Chanel di Festival Film Cannes.

Cantik dan Trendi, Benarkah Sepatu Plastik Aman untuk Kesehatan?

Dilansir dari Vogue, Rabu (16/5), sepatu plastik yang transparan tampak menyengsarakan bila dari sisi kenyamanan. Direktur Berita Vogue Fashion Chioma Nnadi teringat ketika dia berjalan dengan susah payah di sekitar kota dengan alas kaki transparan. "Saat itu mungkin merupakan musim panas terpanas di New York yang pernah saya alami, jadi Anda bayangkan kaki saya sampai terluka," jelasnya.

Kakinya seolah dicubit oleh pump shoes plastik yang tampak begitu ketat yang membuat mengganggu sirkulasi di beberapa area. Para ahli kesehatan setuju bahwa alas kaki plastik itu berbahaya dan tak baik bagi kesehatan.

Direktur Layanan Kaki dan Pergelangan Kaki Non-Bedah di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus di New York dr. Rock Positano menjelaskan kurangnya kemampuan bernapas jelas merupakan faktor yang berbahaya. "Kaki dengan sendirinya (tanpa kaus kaki) di sepatu, akan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Sedangkan pakai plastik itu lembab, gelap, dan panas," kata Rock.

Kombinasi dari ketiga hal itu membuat kaki di dalam sepatu menjadi tempat yang berbahaya. Belum lagi beberapa orang alergi terhadap plastik dan mungkin mengalami reaksi alergi seperti dermatitis dan iritasi kulit yang dapat membuat kaki terasa seperti terbakar.

"Menggunakan sepatu plastik, tidak membuat gerak Anda menjadi fleksibel. Kaki secara alami membengkak di sore hari," jelasnya.

Faktor lain yang perlu diperhatikan terutama jika sol itu sendiri terbuat dari plastik adalah kurangnya penyerapan. Sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah nyeri sendi dan nyeri tulang di seperti lutut dan punggung.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up