JawaPos Radar

Lepas Perusahaan Bir, Anies Sebut San Miguel Berminat Ambil Alih Saham

17/05/2018, 04:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Lepas Perusahaan Bir, Anies Sebut San Miguel Berminat Ambil Alih Saham
RUPS PT Delta Djakarta Tbk (Ikhsan Prayogi/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melepas 25,25 persen saham PT Delta Djakarta semakin dekat. Hal itu dibuktikan dengan sudah adanya perusahaan lain yang berminat untuk mengambil alih saham yang dimiliki Pemprov DKI sejak 45 tahun lalu itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, peminat saham itu adalah San Miguel Malaysia (L) Private Limited. Perusahaan tersebut juga merupakan pemilik 53 persen saham PT Delta.

“Saat ini San Miguel memiliki 53 persen dari saham di sana dan mereka sudah menunjukkan minat untuk ekspansi juga,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (16/5) malam.

Lepas Perusahaan Bir, Anies Sebut San Miguel Berminat Ambil Alih Saham
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Untuk itu, dirinya berjanji proses pelepasan saham akan dilaksanakan secara transparan. Anies tetap bertekad pada komitmennya tersebut meskipun belum mengantongi persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

"Ini prosesnya nanti perlu persetujuan DPRD, kita kirimkan suratnya ke sana dan nanti kita jalani proses formalnya. Insya Allah, Insya Allah disetujui," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan, salah satu yang menjadi landasan lain pelepasan saham tersebut adalah adanya keinginan perusahaan penghasil deviden Rp 38 miliar per tahun kepada DKI itu untuk mengembangkan bisnis. Namun, hal itu terganjal karena Pemprov DKI tidak dapat menambah investasinya.

"Dan karena mereka ingin berkembang mereka tentunya harus juga mendapatkan opsi untuk bisa menambah modal dan ini bisa difasilitasi dengan keputusan kita untuk melepaskan saham ini," papar Sandi pada kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, perusahaan yang memiliki pabrik di Bekasi Timur dan Jawa Barat itu pada 2016 sempat mencetak laba bersih Rp 253 miliar dan membagikan deviden sebesar Rp 180 per lembar saham atau setara dengan Rp 114 miliar. Sehingga, dengan perolehan itu, porsi deviden yang masuk ke pundi-pundi APBD mencapai Rp 37,84 miliar pada 2016.

Kinerja pada 2017 lalu juga tak kalah baik. Laba bersih perusahaan dengan nama emiten DLTA itu tercatat naik menjadi Rp 279,75 miliar. Pada 2017 lalu, Pemprov DKI menerima setoran dividen dari DLTA sebesar Rp 37,8 miliar. Dividen ini diambil dari laba tahun buku 2016.

(ce1/yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up