JawaPos Radar

Ditangkap KPK, Segini Harta Kekayaan Bupati Bengkulu Selatan

15/05/2018, 22:38 WIB | Editor: Kuswandi
Barbuk OTT
Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Subang beberapa waktu lalu. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Beredarnya kabar, Komisi Pemberantasan Korupsi mengamankan Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan berinisial DM. Terungkap Berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn, Bupati Bengkulu Selatan berinisial DM ini, diketahui memiliki harta kekayaan dengan total Rp 2 Miliar pada pelaporan terakhir 2 November 2016. Ini tentu meningkat sekitar Rp 500 juta karena pada 24 Juli 2015 senilai Rp 1,5 Miliar.

Dalam website LHKPN tersebut, terungkap DM mempunyai tanah dan bangunan senilai Rp 925 juta dengan jumlah 8 buah yang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Selatan dan ada sekitar 5 buah berlokasi di Bengkulu Selatan juga, namun belum diketahui nominal harga tanah dan bangunan tersebut.

Kemudian, ada juga harta bergerak sejenis alat tranportasi senilai Rp 434 juta dengan jumlah 3 buah mobil bermerk Isuzu Panther, Nissan Troper dan Suzuki Baleno dan memiliki 4 buah motor bermerk Honda dan Yamaha.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Selain itu, dia juga mempunyai perkebunan ada 5 ton buah rambutan dan peternakan ada 25 ekor sapi senilai Rp 230 juta. Tak hanya itu, DM juga memiliki harta bergerak lainnya sejenis logam mulia dengan total Rp 59,5 juta serta adanya giro setara kas sejumlah Rp 471 juta. Namun, dia mempunyai hutang dalam bentuk pinjaman uang senilai Rp 79,6 juta.

Sebelumnya, Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah. Dalam operasi senyap yang dilakukan di wilayah Provinsi Bengkulu, tim berhasil mengamankan Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan berinisial DM.

"Iya benar, (Bupati Bengkulu Selatan di OTT)," terang sumber penegak hukum yang enggan disebutkan namanya kepada JawaPos.com, Selasa (15/5) malam. Hal senada juga dibenarkan sumber JawaPos.com lain."Iya betul, kepala daerah Bengkulu di OTT malam ini," imbuh sumber tersebut.

Selain menciduk kepala daerah, KPK juga mengamankan beberapa pihak lain yang diduga sebagai pemberi suap.

Saat ini, para pihak yang diamankan tengah menjalani pemeriksaan intensif di Polda Bengkulu sebelum dibawa ke markas KPK di Jakarta. Sehingga belum diketahui apa motif dan berapa barang bukti yang diamankan dari penangkapan terhadap sang kepala daerah.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up