JawaPos Radar

Di Hadapan Kader PPP, Tjahjo Kumolo Beri Warning Gaya Kritik Fadli Zon

14/05/2018, 00:30 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mempersilakan Fadli Zon untuk selalu mengkritik pemerintahan jokowi selama masih dalam etika yang tepat. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo rupanya menyoroti sikap Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang kerap mengkritik keras pemerintahan Jokowi. Namun, sebagai seseorang yang berada dalam lingkaran pemerintah, dirinya mengaku tak mempermasalahkan berbagai ucapan anak buah Prabowo itu.

Menurut Tjahjo, sebagai partai oposisi, sudah sepantasnya Fadli terus menerus melakukan kritik keras kepada pemerintahan Jokowi. Dirinya pun menghormati gaya politik yang dilakukan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

"Pemerintah apa pun, termasuk PPP, termasuk saya pasti akan menerima kritik apa pun, kritik sepedas apa pun, sekeras apa pun tidak ada masalah. Apalagi model gaya kritik yang terhormat Pak Fadli Zon biasanya oposisi tugasnya mengkritik tidak ada masalah," kata  Tjahjo Kumolo saat membuka acara workshop nasional anggota DPRD PPP di Hotel Mercure, Jakarta, Minggu (13/5). 

Fadli Zon
Wakil Ketua DPR Fadli Zon dinilai sebagai politisi yang sangat gemar mengkritik pemerintah Jokowi. (JawaPos.com)

Meski demikian, Tjahjo pun menyampaikan bahwa kritik tentu ada batasannya. Karena menurutnya, etika dalam mengkritik itu tidak boleh melakukan pernyataan yang cenderung fitnah dan menghujat.

"Jangan fitnah, jangan menghujat, jangan menghina. Kita punya harga diri, kita punya kehormatan, lambang-lambang partai, dan simbol-simbol negara tentu harus dijaga," tegasnya.

Tjahjo pun memberikan contoh bahwa seluruh kader PPP yang hadir pun dinilainya akan marah jika Ketua Umumnya, Romahurmuziy dihina oleh orang lain. Begitu pula dirinya yang akan membela jika mantan Jokowi dihina.

"Ada orang yang mengganggu Pak Romi, saya kira seluruh anggota PPP langsung membelany. (Siapa) menganggu Pak Jokowi saya yang belanya, (juga) yang mendukung Pak Jokowi," disambut riuh tepuk tangan kader PPP.

(ce1/aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up