JawaPos Radar

Ferry Sunarto Keluarkan Koleksi Batik Ready to Wear Bergaya Jepang

27/04/2018, 08:40 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Ferry Sunarto Keluarkan Koleksi Batik Ready to Wear Bergaya Jepang
Koleksi ready to wear by Ferry Sunarto pada Fashion Show di kawasan Jakarta Selatan. (Muhammad Hafidh/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Saat ini batik tidak hanya digunakan sebagai setelan jarik pada kebaya saja, melainkan bisa diaplikasikan ke dalam pakaian sehari-hari siap pakai (ready to wear). Memenuhi kebutuhan perempuan akan busana kasual, Ferry Sunarto mengeluarkan 20 koleksi ready to wear lewat label 'Fersoen' untuk Spring/Summer 2018.

Kali ini, desainer yang terkenal dengan rancangan kebayanya, berani tampil beda dengan meluncurkan lini busana batik dan cocktail dress. Uniknya, Ferry memadukan unsur budaya Jepang yang khas dengan potongan kimono, outer, dan obi. Berbahan dasar batik Keris dari Solo, rancangan Ferry berhasil menggabungkan unsur tradisional dengan siluet modern dan glamor.

"Meskipun inspirasi berasal dari lokal namun harus memiliki taste internasional. Jepang memiliki teknologi maju tapi sangat menghargai budaya. Kali ini saya merepresentasi budaya Jepang dgn brbagai perpaduan batik yg menarik," terang Ferry saat ditemui usai fashion show di Pelataran Patio, Jakarta Selatan Kamis (26/4).

Bagi Ferry, membuat karya ready to wear memang memiliki tantangan tersendiri dibandingkan desain kebaya. Dimana ia harus mengubah kain tradisional ke dalam gaya yang kekinian seperti jumpsuit, blazer, off shoulder, setelan celana dengan atasan hingga dress cocktail yang elegan.

Dominasi warna dari batik Solo yang khas menambah kesan busana berkelas seperti coklat, mustard, biru, merah, hingga violet. Pada rancangannya kali ini, Ferry juga menambahkan motif floral yang unik dalam setiap bajunya.

Selain kain batik, ia juga menyelipkan materi lain seperti bahan katun, linen, organza dan jacquard untuk menguatkan unsur modern. Tak hanya itu, tampilan model makin sempurna dengan aksesories sandal kayu dan tata rias khas Jepang.

"Menafsirkan wastra Indonesia tidak hanya sebatas melsetraikan saja, namun harus dikembangkan ke dalam sesuatu yang kekinian dan modern. Oleh karenanya kita buat karya yang sophisticated dan glamour," lanjutnya.

Ferry pun berkolaborasi dengan The Zora by Sinar Mas yang merupakan perusahaan pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara. Bertindak sebagai sponsor, The Zora beri apresiasi bagi para desainer Indonesia melalui kegiatan fashion show.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up