JawaPos Radar

Bawa Ribuan Liter Minyak Ilegal, Herto Dibui

26/04/2018, 14:23 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
BBM Ilegal
BARANG BUKTI: Sebuah mobil minibus yang memuat ribuan liter BBM ilegal diamankan dari pelaku. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Peredaran minyak ilegal kembali terjadi di Sumsel, Kamis (26/4). Kali ini, Polres Muara Enim berhasil menyita ribuan minyak ilegal beserta Herto, 40, yang membawa minyak tersebut.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono didampingi Kasat Reskrim Polres Muara Enim, AKP Willian Harbensyah mengatakan minyak yang berhasil disita berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) bensin sulingan yang dibawa dari daerah Sungai Angit Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke daerah Tanjung Agung untuk dijual ke pengecer.

"BBM ilegal ini dibawa menggunakan mobil minibus," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (26/4).

BBM Ilegal
Herto, 40, warga Dusun 2 Desa Baru Jaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba diamankan lantaran membawa BBM ilegal (Alwi Alim/JawaPos.com)

Dirinya menerangkan, penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat bahwa ada satu mobil minibus yang diduga sering membawa BBM ilegal. Kemudian anggota melakukan penyelidikan di lapangan tepatnya di Jalan Poros Tanjung Enim-Baturaja Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul.

Di lokasi tersebut anggota melihat ada mobil minibus warna hitam yang dikendarai Herto, 40, warga Dusun 2 Desa Baru Jaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba tengah melintas dari arah Tanjung Enim menuju Tanjung Agung dengan kondisi kelebihan beban.

Kemudian, anggota melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut. Setelah mampu dikejar, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap mobil dan menemukan sejumlah jerigen yang berisi BBM ilegal.

Dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti yakni satu unit mobil minibus warna hitam, 42 jerigen dengan ukuran 35 liter serta 1.400 liter BBM ilegal.

"Pelaku terancam dijerat pidana penjara selama 6 tahun," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up