JawaPos Radar

Ada Ari Soemarno di Balik Pencopotan Elia Massa?

24/04/2018, 15:32 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ada Ari Soemarno di Balik Pencopotan Elia Massa?
Mantan Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perombakan direksi PT Pertamina (Persero) yang dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno merupakan tindakan kesewenang-wenangan. Alasannya, Elia Massa Manik yang dicopot Menteri Rini memiliki prestasi kinclong di sektor migas.

Wakil Ketua Komisi VI Inas Nasrullah Zubir mengatakan pencopotan itu atas dasar suka dan tidak sukanya Menteri Rini kepada direksi BUMN migas nasional. Selain itu, dorongan dari sang kakak, Ari Soemarno dinilai tidak suka dengan kepemimpinan Elia Massa.

"Ari Soemarno merupakan orang yang berada di balik proyek Banten Terminal Regasifikasi yang digagas Tokyo Gas, Mitsui, dan Bumi Sarana Migas," ujar Inas kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/4).

Dia menjelaskan proyek tersebut memang dibangun sebelum kepemimpinan Elia Massa yakni 2016. Namun, Elia Massa mengganggap proyek ini hanya sia-sia. Sehingga, tak serius untuk garap proyek Banten.

Alhasil, hingga saat ini proyek tersebut masih molor. Terminal ini diperkirakan selesai pada 2019 bakal molor hingga 2020. Proyek inilah, kata Inas, merupakan ajuan dari Ari Soemarno.

"Bukan karena BBM langka ataupun tumpahan minyak di Balikpapan penyebab sebenarnya Elia Massa dicopot," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mencopot Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik. Pencopotan itu dikaitkan dengan adanya kelangkaan Premium di Jawa, Madura, dan Bali. Padahal, dalam Perpres Nomor 191 Tahun 2014, Pertamina tak diwajibkan jual BBM Premium di Jawa Madura dan Bali.

Saat ini, pemerintah tengah merevisi aturan tersebut. Dalam revisinya, Pertamina diwajibkan menjual BBM Premium di seluruh Indonesia, termasuk Jawa, Madura, dan Bali

(ce1/srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up