JawaPos Radar

Liga 1 2018

Dihiasi 2 Kartu Merah, Mitra Kukar Gagal Hentikan Langkah Persipura

21/04/2018, 15:45 WIB | Editor: Agus Dwi W
persipura jayapura
Langkah Persipura Jayapura di kandang sendiri belum mampu dihentikan Mitra Kukar. (Twitter persipura63)
Share this image

JawaPos.com - Cuaca yang cukup panas di awal pertandingan antar Persipura Jayapura kontra Mitra Kukar. Bertanding di Stadion Mandala Jayapura, kedua tim pun mengawali laga dengan cukup lamban.

Belum genap 10 menit, Persipura sudah melakukan pergantian pemain. Ricardo Salampessy rupanya belum cukup fit sehingga digantikan oleh Maiga pada menit 9.

Ian Louis Kabes muncul sebagai pemecah kebuntuan serangan Persipura Jayapura pada menit 12. Memanfaaatkan set pieces di kanan pertahanan tim tamu, Louis Kabes sukses menjebol gawang Gerri Mandagi melalui sebuah tendangan langsung.

mitra kukar
Mitra Kukar masih belum bisa mengakhiri catatan buruk setiap tampil di Jayapura. (liga-indonesia.id)

Selang 7 menit kemudian, Persipura menggandakan keunggulan mereka. Lagi-lagi melalui sebuah set pieces, Louis Kabes mengirim umpan ke depan gawang Mitra. Umpan ini sukses dikonversi melalui sundulan oleh Marcel Sacramento.

Mitra Kukar coba mengejar ketinggalan pada menit 25. Sebuah sundulan Mauricio mengarah tepat ke gawang Persipura. Namun sundulannya melintas di atas mistar Dede Sulaiman.

Satu menit kemudian, Persipura mendapatkan kesempatan saat memanfaatkan kesalahan pemain belakang Mitra Kukar. Tinus Pae yang menguasai bola sempat mengirim umpan ke depan kotak penalti. Beruntung Mauricio mampu membuang bola tersebut untuk mengamankan gawang timnya.

Persipura kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini dialami kapten Boaz Solossa yang digantikan Prisca Womsiwor. Tampaknya kondisi Boaz pun belum maksimal sehingga pelatih Peter Butler harus menariknya agar kondisi Boaz tidak semakin parah.

Ditinggal Boaz tak membuat serangan Persipura menjadi kendur. Sejumlah serangan berbahaya tetap bisa dilakukan penggawa Mutiara Hitam. Salah satunya ketika tendangan keras Mandowen mampu diblok Gerri Mandagi pada menit 35. Hingga babak pertama usai belum ada gol tambahan yang mereka cetak.

Di awal babak kedua, Mitra Kukar coba ambil inisiatif serangan. Sejumlah tekanan mampu dilakukan skuad besutan Rafael Berges. Bahkan sempat menghasilkan kesempatan terbaik dari tim tamu asal Kalimantan ini.

Umpan Guthrie di sisi kiri pertahanan Persipura disambut dengan baik oleh tendangan first time Septian David. Namun tendangannya melambung tinggi di atas mistar.

Persipura balik menekan melalui sebuah serangan balik. Bola yang dikuasai Persipura kemudian ditendang oleh Hilton Moreira. Tendangannya masih bisa diblok Gerri Mandagi dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Menit 58, Gerri Mandagi melakukan blunder. Bola liar sempat ditendang pemain Persipura, namun bola yang melambung dan jatuh tepat di atas mistar Mitra Kukar.

Memasuki 15 menit terakhir, Persipura kembali lebih banyak melakukan tekanan ke pertahanan tim tamu. Mengandalkan umpan-umpan pendek dan kecepatan pemain sayap, Mutiara Hitam menggedor pertahanan Mitra Kukar nyaris tanpa henti. Namun, kali ini benteng tim tamu lebih solid dalam melakukan antisipasi.

Menit 86, Persipura harus bermain dengan 10 orang. Gunansar Mandowen mendapat kartu merah akibat menyikut Septian David Maulana. Kesempatan ini coba dimanfaatkan oleh pasukan Mitra Kukar.

Sialnya, emosi yang tak terkendali dari Hendra Adi Bayauw membuat dirinya diusir wasit. Adi Bayauw terlihat dengan sengaja melempar bola ke wajah asisten wasit. Atas tindakan buruknya ini, Bayauw pun mendapat kartu merah.

Mitra Kukar akhirnya memecahkan telor di menit 89. Septian David sukses memanfaatkan umpan terobosan dan mengecoh kiper Dede Sulaiman. Kedudukan berubah menjadi 1-2 bagi tim tamu.

Gol Septian David menutup hasil pertandingan pada sore ini di Jayapura. Persipura pun kembali menduduki puncak klasemen sementara dengan koleksi poin 11 poin dalam 5 laga.


Persipura 2-1 Mitra Kukar
(Louis Kabes 12', Sacramento 19' - Septian David 89')

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy (Maiga 9'), Anis, Atururi,
Ian Louis Kabes, M. Tahir, Gunansar Mandowen, Hilthon Moreira, Marcel Sacramento, Boaz Solossa (Womsiwor 28')
Pelatih: Peter Butler

Mitra Kukar: Gerri Mandagi, Wiganda P (R Nahumarury 82'), Dedy G, Mauricio Leal, Rendy Siregar, Bayu Pradana, Danny Guthrie, Dedy Hartono (Arif Suyono 74'), M. Bahtiar (Adi Bayauw 55'), Septian D Maulana, Fernando Ortega
Pelatih: Rafael Berges

Wasit: Rully Ruslin

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up