JawaPos Radar

Harapan Menkes Nila, Peran Kartini Masa Kini untuk Kesehatan Meningkat

21/04/2018, 13:03 WIB | Editor: Estu Suryowati
Harapan Menkes Nila, Peran Kartini Masa Kini untuk Kesehatan Meningkat
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Nila berharap Kartini-Kartini masa kini lebih berkontribusi dalam menyehatkan masyarakat. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek berharap 'Kartini-Kartini' masa kini bisa belum berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan di masyarakat.

"Saya berharap dengan semangat Kartini pada tahun ini, mampu meningkatkan peran dan kontribusi kaum perempuan dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi, sebagai wujud nyata pelaksanaan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK)," katanya di Jakarta, Sabtu (21/4).

Nila mengatakan, perempuan Indonesia saat ini masih bergelut dengan berbagai masalah kesehatan, seperti kematian ibu dan anak (KIA). Berdasarkan data Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015, angka KIA mencapai 305 per 100.000 kelahiran hidup.

Ini menurun dibandingkan 2010 yang mencapai 346 per 100.000 kelahiran hidup. Capaian ini juga telah menembus target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2019 di level 306 per 100.000 kelahiran hidup.

"Walaupun menurun, menurut saya jumlah kematian ibu masih sangat banyak. Kita perlu lebih intensif lagi mengatasi faktor-faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya kematian ibu," katanya.

Masalah lain yang banyak menyerang perempuan Indonesia yaitu anemia saat kehamilan, kanker, HIV, dan kekerasan. Nila menambahkan, tingginya angka pernikahan usia dini juga pekerjaan rumah pemerintah.

"Saya mengimbau agar kaum perempuan mau dan mampu meneladani sosok Kartini sebagai pejuang sejati bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Menerapkan gaya hidup sehat, yakni menjaga gizi seimbang, deteksi dini penyakit, serta peningkatan cakupan imunisasi secara lengkap," katanya.

Untuk diketahui, saat ini ada tiga prioritas kementerian yaitu mengurangi angka TBC, pencegahan stunting, serta peningkatan cakupan dan mutu imunisasi.

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up