JawaPos Radar

Lebih dari Satu Juta Jiwa Ditetapkan Sebagai DPT

20/04/2018, 01:03 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Rapat Pleno KPU
PLENO: Penetapan DPT untuk Pilgub Jatim 2018 di Kabupaten Malang.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - KPU Kabupaten Malang, Jawa Timur, menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilgub Jatim 2018, usai rapat pleno, Kamis (19/4).

KPU Kabupaten Malang memastikan 1.966.373 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara itu, ada 223 pemilih tidak masuk dalam data base sehingga tidak ditetapkan sebagai DPT.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi pemilih sementara hasil perbaikan tingkat Kabupaten Malang, untuk ditetapkan sebagai DPT, dihadiri pula oleh Panwas dan Tim Pemenangan kedua calon gubernur dan wakil gubernur.

Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko mengatakan, pihaknya sudah melakukan verifikasi secara ketat hingga detik-detik terakhir sebelum jumlah daftar pemilih itu ditetapkan. Banyak hal yang melatarbelakangi dipastikannya 233 orang itu tidak masuk dalam DPT.

Diantaranya ada yang sudah meninggal, mutasi kependudukan tapi belum memiliki dokumen administrasi kependudukan di Kabupaten Malang. Serta belum melakukan perekaman KTP elektronik. 

"Setelah DPS ditetapkan 15 Maret 2018 lalu, kami terus melakukan pencermatan dan verifikasi sampai saat ini," katanya, usai pleno terbuka. 

Pihaknya, lanjut Santoko, juga tetap akan mengakomodir jika ada perubahan jumlah. Misalnya ada anggota TNI-Polri yang pensiun sebelum pelaksanaan Pemilu. "Tentu kan juga punya hak pilih dengan catatan memiliki E-KTP," tuturnya.

Namun yang jelas, kata Santoko, KPU tidak akan mencoret mereka yang punya hak pilih dan tidak masuk dalam DPT apalagi mengurangi DPT.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up