Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolis

87 UKM Ramaikan Pameran di Grand City

| editor : 

Pameran UKM

Ketua Dekranasda Surabaya Nanis Chaerani (tengah) memamerkan hasil karya batik dan kerajinan garmen yang akan dipamerkan di Mal Grand City. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

JawaPos.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya menggelar pameran kerajinan di Mal Grand City. Pembukaan acara dijadwalkan berlangsung Rabu (18/4) besok. Pameran akan digelar selama 5 hari.

Acaranya melibatkan 56 pelaku usaha kecil menengah (UKM) anggota Dekranasda. Lalu 31 pelaku UKM unggulan tiap kecamatan di Surabaya. Sejumlah instansi juga turut berpartisipasi. Antara lain Dinas Pendidikan Surabaya, serta Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Surabaya.

Ketua Dekranasda Surabaya Nanis Chaerani mengatakan, acara akan memamerkan dan menjual semua produk kerajinan dan fashion. Seperti garmen, batik, home decoration, dan kerajinan bunga kering.

Pengunjung juga akan disuguhi pelbagai workshop pada bidang fashion. Yakni, kerajinan atau handicraft. Misalnya, kerajinan membatik, membuat eco garmen, dan mengolah kain perca untuk dijadikan asesoris busana.

"Kami harap pengunjung, khususnya warga Surabaya mendapat ketrampilan baru. Bahkan menjadi pelaku UKM yang dapat diandalkan," kata Nanis saat jumpa pers di Kantor Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Selasa (17/4).

Nanis menambahkan, hanya produk asli Surabaya yang dipamerkan. Pelaku UKM yang berpartisipasi diharuskan menjual dan memamerkan karya mereka sendiri. "Jadi nggak boleh barang hasil kulakan," tegas Nanis.

Salah satu pemilik UKM Batik Canting, Wirasno mengatakan, tidak mematok target dari perhelatan tersebut. Dia hanya memberikan kesempatan belajar tentang produk batik bagi masyarakat Surabaya dan pelaku UKM pemula. "Mulai dari produk yang sifatnya hasil belajar, yang mulai laku di pasaran, dan produk premium," imbuh Wirasno.

(HDR/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP