Rabu, 25 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Bulutangkis

Sindhu Susah Juara, Ini Kelemahan Terbesarnya

| editor : 

Pusarla Venkata Sindhu, India

Pebulu tangkis putri India Pusarla Venkata Sindhu dinilai kurang baik dalam mengantisipasi serangan balik. (bwfbadminton.com)

JawaPos.com - Pebulu tangkis putri India Pusarla Venkata Sindhu belum sanggup memenangkan satu gelar juara pun di tahun ini. Mantan pelatih tim nasional bulu tangkis India Vimal Kumar menilai, Sindhu punya satu kelemahan besar.

Dari sederet pertandingan yang dilakoni Sindhu, Vimal melihat bahwa Sindhu sangat lemah dalam mengantisipasi serangan balik lawan-lawannya saat melakukan reli panjang.

"Sindhu juga tidak memiliki agresivitas yang sama di babak final seperti di babak-babak awal. Yang paling kelihatan adalah ketika ada reli panjang, lalu lawan melakukan serangan balik, Sindhu pasti keteteran. Ini sering dimanfaatkan lawan-lawannya," ujar Vimal seperti dilansir timesofindia.com.

Vimal menuturkan, hal ini jelas terlihat saat Sindhu meladeni babak final Commonwealth Games 2018 melawan Saina Nehwal. "Saina betul-betul mengeksploitasi kelemahan Sindhu kemarin ini," kata Vimal.

Hal yang sama pun terjadi di perhelatan India Terbuka 2018. Melawan Zhang Beiwen (Amerika Serikat) yang secara ranking dan kemampuan berada di bawahnya, Sindhu malah kalah.

Karenanya, Vimal menilai, Sindhu harus sedikit merubah pola mainnya untuk menutup kelemahannya itu. "Dengan sedikit kedewasaan dan keberuntungan, saya yakin Sindhu bisa jadi juara," katanya.

Duduk di ranking 3 dunia, Sindhu memang terbilang jarang meraih gelar juara. Ia kerap kali konsisten bermain hingga babak final, sebelum akhirnya harus puas menjadi runner up.

Ini terjadi beberapa kali di tahun-tahun sebelumnya, seperti di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 saat melawan Carolina Marin (Spanyol), Kejuaraan Dunia 2017 ketika ia dikalahkan Nozomi Okuhara (Jepang), maupun di Dubai Superseries Finals saat ia menyerah di tangan Tai Tzu Ying (Taiwan).

(kar/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP