Minggu, 22 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pemilihan

Di Sela Kampanye, Sudirman Berburu Karya Bung Hatta

| editor : 

Sudirman Said

Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mencari buku karya Mohammad Hatta. (Dok. Timses Sudirman-Ida)

JawaPos.com - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng) sudah lama berkecimpung di bidang perekonomian. Tepatnya sejak di bangku kuliah. Dia pun akrab dengan pemikiran Proklamator RI Bung Hatta.

Di sela kesibukan kampanye, Sudirman masih menyempatkan diri untuk berburu buku-buku karya Bung Hatta. "Saya kagum pada Bung Hatta. Pemikiran-pemikirannya. Terutama sumbangsihnya terhadap dunia perekonomian," kata Sudirman saat di di Toko Buku Gramedia, Jalan Pandanaran, Semarang, Senin (16/4).

Menempuh pendidikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) membuat perhatian Sudirman terhadap ilmu perekonomian sangat tinggi. Segala pemikiran dan buku-buku karya Bung Hatta diakuinya sudah menjadi konsumsi harian.

Dari Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun sampai Mendayung Antara Dua Karang. "Pemikiran Bung Hatta sangat cemerlang. Maklum, beliau sudah menulis secara bagus sejak di bangku setingkat SMP," kata Sudirman.

Bung Hatta tak hanya sebagai Proklamator RI. Dia juga mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia. Paham ekonomi kerakyatan di Indonesia, kali pertama dikenalkan Bung Hatta.

"Untuk menjangkau Bung Hatta masih sangat jauh. Tapi saya selalu belajar dari pola beliau dalam membangun dan memberi manfaat pada masyarakat dan bangsa," ujar Sudirman.

Salah satunya dengan menuangkan pemikiran menjadi sebuah buku. Sampai saat ini, Sudirman telah sukses menghasilkan tiga buku. Yakni, Berpihak Pada Kewajaran, Dear Millenials dan soal Integritas. "Alhamdulillah, di toko ini bukunya ada," ucap Sudirman sambil tersenyum.

Di Gramedia, karya Sudirman Said dipampang berjajar dengan buku pemikiran tokoh-tokoh nasional dan dunia. Dari Hamka sampai Gandi. Di rak sisi lain, Sudirman juga sempat mendapati buku berjudul Kontroversi Ganjar. Namun itu bukan karya Ganjar Pranowo. Melainkan goresan dari wartawan senior Budiono Isman dan Isdiyanto.

(gul/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP