Senin, 23 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Tiongkok Luncurkan Situs untuk Laporkan Mata-mata

| editor : 

Pemerintah Tiongkok membuat inovasi baru untuk melawan spionase asing dan korupsi pejabat

Pemerintah Tiongkok membuat inovasi baru untuk melawan spionase asing dan korupsi pejabat (Reuters)

JawaPos.com - Pemerintah Tiongkok membuat inovasi baru untuk melawan spionase asing dan korupsi pejabat. Mereka membuat situs dalam bahasa Mandarin dan Inggris yang mendorong orang-orang untuk melaporkan ancaman keamanan nasional seperti tawaran untuk menggulingkan sistem sosialis.

Situs 12339.gov.cn diluncurkan oleh Kementerian Keamanan Nasional pada hari Minggu, (15/4). Siapa pun bisa melaporkan upaya penyuapan pejabat negara atau militer oleh warga Tiongkok maupun asing. Selain itu juga bisa melaporkan siapapun yang menghasut kerusuhan bersenjata atau menghasut separatisme etnis.

Termasuk bisa melaporkan orang asing yang berada di Tiongkok yang melakukan kegiatan yang membahayakan keamanan negara atau diduga kuat melakukannya. Para informan akan diberi imbalan karena menemukan siapa pun yang dicurigai melakukan pelanggaran tersebut.

Namun dalam situs tersebut tidak dijelaskan secara rinci tentang jumlah hadiah. Biro Keamanan Nasional Kota Beijing menawarkan USD 1.600 hingga USD 79.700 untuk memberi informasi tentang terduga mata-mata.

Kementerian juga merilis sebuah kartun, berjudul 'Seorang teman dengan topeng', untuk menggambarkan perilaku yang dapat dicurigai. Ini sebagai bagian dari kampanye untuk menandai Hari Pendidikan Keamanan Nasional Tiongkok.

Kartun ini menceritakan kisah seorang asing dari organisasi nonpemerintah internasional, yang mempromosikan hak-hak pekerja 'Gaya Barat' di Tiongkok. Orang asing itu diduga 'menyuap' seorang wakil di Tiongkok untuk menyelenggarakan seminar dan memobilisasi para pekerja untuk membela hak-hak mereka.

Menurut kartun itu, protes publik semacam itu ilegal. Seorang pekerja yang waspada dapat melaporkan orang asing di belakang kerusuhan tersebut.

(iml/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP