Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Liga 1 2018

Prediksi Barito Putera vs PSM Makassar: Spirit dari Gelora Bung Tomo

| editor : 

Barito Putera vs PSM Makassar, Barito Putera, PSM Makassar, Liga 1 2018

Barito Putera penuh percaya diri menatap laga kontra PSM Makassar di Banjarmasin (M Idris Jian Sidik/Radar Banjarmasin)

JawaPos.com - Barito Putera tengah bergairah untuk meraih kemenangan saat menjamu PSM Makassar pada pekan keempat Liga 1 2018, Senin (16/4) sore WIB. Itu tak lepas hasil luar biasa pada pekan ketiga berupa kemenangan di kandang Persebaya Surabaya. Spirit dari Gelora Bung Tomo membuat Samsul Arif Munip cs percaya diri bisa mengalahkan PSM.

Kemenangan memang menjadi target Laskar Antasari - julukan Barito, dalam laga nanti. Maklum saja, mereka belum pernah menang di kandang sendiri, Stadion 17 Mei Banjarmasin, pada Liga 1 2018. Laga kandang pertama berakhir dengan skor 2-2 saat menjamu Persipura Jayapura. Sudah pasti, para penggawa Barito ingin menyenangkan publik Banjarmasin.

Hal itu sesuai yang dikatakan Jacksen F Tiago dalam konferensi pers jelang laga. "Bermain di kandang, kami menginginkan hasil terbaik. Kami punya misi kemenangan perdana di kandang dan di hadapan publik sendiri," sebut Jacksen.

Barito Putera vs PSM Makassar, Barito Putera, PSM Makassar, Liga 1 2018

Kemenangan di kandang Persebaya membuat Gavin Kwan Adsit cs memiliki motivasi tinggi (Angger Bondan/Jawa Pos)

Barito sendiri menunjukkan grafik meningkat dalam tiga laga awal. Kalah dari Madura United pad pekan pertama, kemudian seri kontra Persipura, dan pada pekan ketiga menang di kandang Persebaya. Jacksen pun melihat pasukannya sudah mulai menemukan bentuk permainan terbaik . Para pemain disebutnya sudah memahami strategi yang dia terapkan pada musim ini.

Kans meraih kemenangan terbuka lebar. Pada musim lalu, Barito mampu menahan imbang PSM di Banjarmasin. Kini, dengan materi yang lebih baik plus spirit kemenangan dari Gelora Bung Tomo, peningkatan hasil bisa diwujudkan.

Selain itu, Juku Eja - julukan PSM, datang ke Banjarmasin dengan kondisi pincang. Tiga pemain pilar tim asuhan Robert Rene Alberts itu absen. Mereka adalah kiper Rivki Mokodompit dan duet gelandang asal Belanda, Marc Anthony Klok serta Wiljan Pluim.

Bukan rahasia lagi, ketiganya adalah pilar PSM musim ini, terutama Klok dan Pluim. Tanpa mereka, kekuatan Juku Eja bisa dikatakan cukup banyak tereduksi. Rivki masih mengalami cedera, Klok menjalani hukuman akumulasi kartu, sedangkan Pluim pulang ke Belanda karena ayahnya sakit.

Selain tak diperkuat tiga pilar, PSM juga tengah mengalami degradasi mental. Itu setelah pada pekan lalu mereka dikalahkan Persela Lamongan di depan publik sendiri, Stadion Andi Mattalatta.

Meski begitu, Jacksen tetap meminta anak asuhnya waspada dan tak menganggap remeh PSM yang datang dengan kondisi darurat. Dia tak ingin pasukannya terlena sehingga lawan bisa membuat kejutan. Baginya, absennya tiga pilar PSM justru bukan sebuah keuntungan karena dia yakin Robert Alberts sudah menemukan pengganti yang ideal.

"Kalau mereka bermain dengan 9 orang, baru keuntungan buat kami. Tapi mereka tetap main dengan 11 orang. Artinya, kami dan PSM seimbang. Yang membedakan di lapangan nanti adalah semangat untuk menang," tegas Jacksen.

Sementara itu, Robert Alberts mencoba realistis dengan target di Banjarmasin. Dia mengakui absennya ketiga pilar memengaruhi kekuatan timnya. Dia pun tak mau muluk-muluk dalam laga nanti. Menurutnya, hasil seri sudah bagus mengingat mereka berlaga di kandang lawan.

"Kekuatan kami tidak utuh dan kami bermain tandang. Jadi, hasil imbang saya rasa sudah cukup memuaskan dalam pertandingan nanti," beber Robert Alberts.

Meski demikian, ketika ada kesempatan untuk membawa pulang tiga poin, PSM disebutnya tak akan menyia-nyiakannya. Pastinya, dia hanya ingin para pemainnya berjuang layaknya gladiator di arena pertarungan. Dia berharap para pengganti pemain pilar seperti Rasyid Bakri dan M Arfan bisa menunjukkan pernampilan terbaiknya.

Well, laga nanti sangat layak untuk dinanti. Barito sebagai tuan rumah di atas angin bisa meraih kemenangan. Apalagi mereka tampil utuh dan memiliki motivasi tinggi setelah menang di kandang Persebaya pada pekan ketiga.

Pertemuan Terakhir
29/10/2017 Barito Putera 2-2 PSM Makassar (Liga 1)
18/07/2017 PSM Makassar 1-1 Barito Putera (Liga 1)
01/10/2016 Barito Putera 1-2 PSM Makassar (ISC A)
21/05/2016 PSM Makassar 1-0 Barito Putera (ISC A)

Perkiraan Susunan Pemain
Barito Putera (4-5-1): Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Aaron Evans, Hansamu Yama, Rony Beroperay; Gavin Kwan Adsit, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Rizky Rizaldi Pora;
Samsul Arif
Pelatih: Jacksen F Tiago

PSM (4-3-3): Sahar Ginanjar; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Fauzan Jamal; Asnawi Mangkualam, Rizky Pellu, M Arfan; Ferdinand Sinaga, Guy Junior, M Rahmat
Pelatih: Robert Rene Alberts

(epr/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP