Rabu, 25 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Jurnalis BBC Ngaku Dipaksa Kerja Meski Sakit Kanker

| editor : 

Kirsty Lang mengungkapkan, ia  harus bekerja selama perawatan kanker payudara karena perusahaan memaksanya untuk pindah kontrak menjadi freelance

Kirsty Lang mengungkapkan, ia harus bekerja selama perawatan kanker payudara karena perusahaan memaksanya untuk pindah kontrak menjadi freelance (Sky News)

JawaPos.com - Presenter BBC Kirsty Lang mengungkapkan, ia harus bekerja selama perawatan kanker payudara karena perusahaan memaksanya untuk pindah kontrak menjadi freelance tanpa membayar perawatannya saat ia sakit. Seperti dilansir Telegraph, Selasa, (21/3), Lang mengatakan, setelah dipindah menjadi pegawai freelance pada 2013, ia harus terus bekerja sepanjang perawatan radioterapi atau dia akan berhenti menerima penghasilan.

Bersama rekan-rekannya, Lang diantar mengantarkan bukti-bukti pada Komite Budaya The Commons, Presenter Front Row tersebut mengatakan, ia harus bekerja sepanjang waktu, termasuk saat anak tirinya meninggal dunia. Ini memaksanya tetap siaran sebelum pemakaman anak tirinya tersebut.

Dalam pernyataannya di Honey Nine pada Rabu (21/3), BBC menginstruksikan dia untuk pindah menjadi pegawai freelance pada 2013, dan Lang mengklaim dia bukan satu-satunya karyawan di perusahaan media yang dipaksa untuk menjadi pekerja lepas secara tiba-tiba, jadi perusahaan tersebut tidak perlu membayar tunjangan apapun, termasuk tunjangan perawatan kesehatan.

Lang, awalnya merupakan staf tetap sampai putranya mulai mengalami masalah di sekolah pada 2013, kemudian dia meminta untuk pindah freelance. "Saya tidak benar-benar merasa punya pilihan karena situasi keluarga saya. Bahkan, saya takut bagaimana bila nanti jatuh sakit."

Sayangnya, ketakutannya menjadi kenyataan ketika dia kemudian didiagnosis menderita kanker payudara. "Saya menjalani operasi, radio terapi, kemoterapi, terapi hormon, saya bekerja sepanjang hari. Saya masuk BBC dengan itikad baik. Saya mempercayai BBC, saya bangga menjadi bagian dari BBC namun, saya merasa dikhianati,” imbuhnya.

Selain itu, Lang juga mengatakan, ia melihat banyak presenter wanita yang kehilangan cuti hamil. Ia telah melihat banyak rekan kerja yang dirampas dari hak pembayaran tunjangan ketika sakit.

“Namun kami terus melakukannya karena kami menyukai pekerjaan itu," ujar Lang.

Ketua komite Budaya The Commons Damian Collins MP mengatakan bahwa BBC telah berada di bawah standar yang ditetapkan dalam hal perlakuan terhadap staf dan dirinya berencana untuk meminta jawaban.

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP