Selasa, 24 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Jalan Berliku Menanti Persibo Bojonegoro

| editor : 

Persibo Bojonegoro, Liga 3

Semua pemain seleksi masih menunggu keputusan kepala pelatih Persibo Bojonegoro. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)

JawaPos.com - Langkah Persibo Bojonegoro menuju Liga 2 musim 2019 mendatang nampaknya sulit dicapai. Pasalnya untuk lolos ke final Liga 3 Nasional, tim yang berjuluk Laskar Angling Dharma itu harus melewati beberapa fase terlebih dahulu.

Untuk Liga 3 regional musim 2018 sendiri, sangat berbeda jika dibandingkan tahun 2017 lalu. Sebelum masuk Liga 3 Nasional, peserta dari beberapa provinsi harus melewati dua putaran yakni Liga Regional dan Liga Antar Provinsi.

Berdasarkan data yang dihimpun JawaPos.com, sebelum masuk Liga 3 Nasional, Persibo harus lebih dulu melewati Liga 3 regional Jawa Timur (Jatim). Artinya anak asuh Jordi Kartiko minimal mampu merebut peringkat tiga di persaingan regional Jatim.

"Musim 2017 lalu, Jatim mendapatkan empat jatah tiket menuju nasional. Tetapi untuk tahun ini kita belum tahu," ucap Manajer Persibo Bojonegoro, Sally Atiyasasmi, Selasa (20/3).

Kemudian, jika berhasil menjuarai tidak serta merta langsung lolos ke Liga 3 Nasional. Tetapi, harus bersaing lagi dengan para pemenang dari delapan regional (provinsi) yang diikuti 78 klub di Indonesia, dan akan dikrucutkan lagi menjadi 24 klub.

Setelah tersisa 24 klub, para kontestan harus bertarung lagi untuk mendapatkan 12 tiket dan di sana sudah menunggu 16 klub dari Liga 3 Nasional, yang sebelumnya juga telah menjalankan penyisihan grup yang dibagi ke dalam delapan regu.

"Para peserta Liga 3 Nasional dari klub Liga 2 yang terdegradasi musim 2017 lalu yang berjumlah 38 klub akan dibagi menjadi 8 grup. Di setiap grup nantinya hanya diambil juara grup, runner up, dan empat klub playoff (peringkat 3 masing-masing grup), jadi hanya menyisakan 20 klub," ucap Sally.

Setelah itu, 20 peserta dari Liga 3 Masional akan bertemu dengan 12 klub dari Liga Regional. Sehingga para kontestan tersebut akan kembali dibagi menjadi delapan grup, dengan masing-masing regu berisi empat tim. Namun, penyisihan delapan grup tersebut hanya diambil juaranya saja.

"Jadi peserta tinggal delapan klub dan kembali lagi dibagi menjadi dua grup, yang masing-masing berisi empat klub," terang Sally.

Untuk juara grup dipastikan langsung menjadi peserta final Liga 3 Nasional. Sedangkan untuk runer up grup dan peringkat tiga bakal promosi ke Liga 2 2019.

"Pemenang hanya diambil tiga tim saja dan untuk kick off Liga 3 regonal Jatim akan dimulai pada bulan April, tetapi kami belum mengetahui secara pasti kapan tanggalnya," pungkas Sally.

(yud/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP