Selasa, 24 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

New Zealand Berikan Bantuan Program Pemimpin Muda Indonesia Timur

| editor : 

Di bidang pendidikan, Perdana Menteri Ardern akan memberikan dukungan dana sebesar NZD 3,5 juta atau senilai Rp 35 miliar selama lima tahun untuk program yang dinamakan Pemimpin Muda Indonesia Timur

Di bidang pendidikan, Perdana Menteri Ardern akan memberikan dukungan dana sebesar NZD 3,5 juta atau senilai Rp 35 miliar selama lima tahun untuk program yang dinamakan Pemimpin Muda Indonesia Timur (Mind Food)

JawaPos.com - Pada kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Selandia Baru, selain untuk kunjungan perayaan diplomatik Indonesia-Selandia Baru yang ke-60 pada 18-19 Maret 2018, ada beberapa hal yang disepakati oleh Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Beberapa kesepakatan yang ditandatangani tentunya dimulai dengan pengumuman bahwa kemitraan Indonesia dan Selandia Baru menjadi kemitraan menyeluruh atau comprehensive partnership antar keduanya.

Di bidang pendidikan, Perdana Menteri Ardern akan memberikan dukungan dana sebesar NZD 3,5 juta atau senilai Rp 35 miliar selama lima tahun untuk program yang dinamakan Pemimpin Muda Indonesia Timur. Program ini bertujuan untuk memajukan pemuda Indonesia Timur untuk pembangunan daerahnya.

Program ini, bekerjasama juga dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga. "Program ini menjadikan pemimpin muda Indonesia yang berkomitmen dalam pembangunan Indonesia Timur yang berkelanjutan melalui partisipasi mereka dalam program yang berbasis Selandia Baru," kata PM Ardern melalui rilisnya Selasa, (20/3).

Selain itu, kedua negara juga menegaskan kembali komitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dua arah. Nilai kerja sama tersebut adalah NZD 4 miliar atau sekitar Rp 4 triliun pada 2024.

Untuk menindaklanjuti program ini, Presiden Jokowi juga akan menyelenggarakan forum CEO bagi pengusaha Selandia Baru dan Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendorong peningkatan perdagangan dan investasi kedua negara.

(ina/iml/trz/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP