Jumat, 27 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Kesehatan

Bayi dengan Kondisi Begini Perlu Diberi Perawatan Lebih Intensif

| editor : 

Ilustrasi bayi yang membutuhkan perawatan lebih intensif karena sakit tertentu

Ilustrasi bayi yang membutuhkan perawatan lebih intensif karena sakit tertentu (Population Growth)

JawaPos.com - Bayi-bayi yang membutuhkan perhatian khusus seperti bayi prematur, memiliki berat badan di bawah standar normal, mengalami gangguan pada fungsi anatomi tubuh harus memperoleh perawatan yang intensif di ruang perawatan khusus Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Dokter Spesialis Anak sekaligus Pimpinan NICU dan Koordinator Klinik Laktasi Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Naomi Esthernita F Dewanto mengatakan, NICU yang dipimpinnya sudah menangani lebih dari 1.600 pasien. "Kasus-kasus yang sudah ditangani antara lain bayi prematur dengan paru-paru yang belum terbentuk dengan baik atau bayi dengan lubang pada jantung," katanya, Senin, (19/3).

Selain itu bayi yang dirawat di NICU, bayi dengan gangguan sulit bernapas, juga bayi dengan anatomi tubuh yang tidak lengkap seperti usus belum terbentuk, tak memiliki anus. "Bayi-bayi tersebut dirawat dengan komprehensif."

Untuk mempermudah pelayanan saat bayi harus masuk NICU, terang Naomi, saat ini sudah ada layanan baru bernama Family Center Care NICU (FCC NICU). Dengan fasilitas ini, orangtua tetap bisa tinggal dan memantau perkembangan bayinya secara dekat sehingga mereka bisa lebih tenang dan tak khawatir.

"Dengan FCC NICU, si ibu tetap dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sehingga mempercepat proses penyembuhan bayi.Ini dipercaya karena kedekatan orangtua dan bayi membantu produksi hormon oksitosin yang dapat memperlancar produksi ASI dan meningkatkan ikatan batin ibu dan anak," kata Naomi.

Sebelum masuk ruangan NICU, orangtua wajib diajarkan menjaga higienitas tempat dengan mencuci tangan yang benar. Orangtua juga akan dilibatkan dalam penanganan yang holistik, bahkan diajak berdiskusi tentang masalah kesehatan yang dialami bayi mereka.

(met/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP