Senin, 23 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Politik

Imdadun: Besok-besok kalau Mahfud MD Nyalon, Kiai Said Pasti Dukung

| editor : 

Said Aqil

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Sirajd. Direktur SAS Intitute, Imdadun Rahmat menilai pertemuan Cak Imin dengan Said Aqil adalah sesuatu yang lumrah (Dok.JawaPos)

JawaPos.com - Pertemuan antara Ketua Umun PBNU KH. Said Aqil Siradj dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Cilacap, Jawa Tengah beberapa waktu tidak perlu dimaknai secara politis.

Demikian disampaikan Direktur Said Aqil Siradj (SAS) Institute M. Imdadun Rahmat kepada wartawan, Sabtu (17/3).

"Kiai Said adalah guru bangsa dan Cak Imin itu aset bangsa. Dalam NU, tradisi sungkem itu biasa. Pertemuan itu harus dimaknai secara tulus. Bahwa Cak Imin sebagai santri sungkem kepada kiainya yakni Kiai Said," papar Imdadun.

Untuk itu dia meminta agar pertemuan keduanya tidak perlu dikaitkan dengan kepentingan politik apalagi Pilpres 2019.

"Kepada teman-teman wartawan untuk tidak menframing pertemuan di Cilacap secara politis. Sebagai seorang kiai yang diminta pendapatnya oleh santri harus mendukung. Atau misalnya besok-besok Pak Mahfud MD meminta restu maju Cawapres, pasti Kiai Said juga mendukung," lanjut Imdadun.

Imdadun menekankan pertemuan di Cilacap juga jangan dimaknai secara organisasional, antara PBNU dan PKB. Pertemuan itu murni kultural antara sosok kiai yang disungkem oleh santrinya.

"Lebih-lebih derajat seorang kiai harus berdiri di atas kepentingan bangsa dan negara," pungkasnya.

(mam/jpg/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP