JawaPos Radar

Pagi ini, Rupiah Terus Menguat ke Level Rp 13.757 per USD

12/03/2018, 10:05 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Pagi ini, Rupiah Terus Menguat ke Level Rp 13.757 per USD
Teller memarkan uang Dolar AS pecahan USD 100 (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pagi ini, Rupiah dibuka menguat tipis ke level Rp 13.773 per USD. Angka ini naik 24 poin dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di posisi Rp 13.797 per USD.

Dilansir Bloomberg, Senin (12/3), pergerakan Rupiah sangat fluktuatif mengarah ke penguatan. Saat ini, posisi Rupiah berada di Rp 13.757 per USD.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, kembali terapresiasinya rupiah harus diuji ketahanannya. Pasalnya adanya rilis positif dari ketenagakerjaan AS diperkirakan dapat membuat laju USD meningkat dan berimbas pada Rupiah.

“Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.785 dan batas atas (resisten) 13.760,” ujarnya di Jakarta, Senin (12/3).

Reza menjelaskan, pasca melemah, laju rupiah di akhir perdagangan pekan kemarin dapat bergerak lebih positif meski tipis.

Adanya penilaian BI karena terjadi tekanan inflasi bulan Maret diperkirakan akan mereda seiring turunnya sejumlah komoditas barang kebutuhan dan ekspektasi defisit neraca berjalan yang akan dijaga pada angka 2,1 persen dari PDB, cukup membantu pembalikan arah menguat dari rupiah.

Sehingga dapat mengimbangi kekhawatiran akan imbas kenaikan USD dan yield obligasi AS karena kebijakan proteksionis AS.

“Tetap cermati dan waspada jika terdapat potensi pembalikan arah,” tandasnya.

(ce1/srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up