Jumat, 23 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Finance

Manfaatkan Pelemahan Dolar AS, Rupiah Bisa Lanjutkan Penguatan

| editor : 

Ilustrasi perdagangan mata uang di sebuah money changer

Ilustrasi perdagangan mata uang di sebuah money changer (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diharapkan dapat melanjutkan penguatannya dengan memanfaatkan pelemahan dolar Paman Sam.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menyampaikan, berkurangnya tekanan terhadap kekhawatiran pelaku pasar akan percepatan kenaikan agresif tingkat suku bunga The Fed memberikan kesempatan bagi mata uang lainnya terhadap USD untuk berbalik menguat.

“Laju rupiah mampu bergerak positif seiring dengan masih terdepresiasinya USD,” ujarnya di Jakarta, Kamis (15/2).

Meskipun demikian, Reza menyampaikan, pergerakan rupiah yang baru berbalik positif harus kembali diuji ketahanannya untuk tetap bergerak positif. Diharapkan sentimen positif dari kenaikan pergerakan mata uang lainnya terhadap USD dapat berimbas positif juga pada rupiah.

Menurutnya, pelemahan pada USD didasari pada aksi tunggu pelaku pasar terhadap rilis inflasi di AS. Di sisi lain, rilis kenaikan pertumbuhan ekonomi Jerman memberikan sentimen positif pada naiknya EUR.

“Terutama pada EUR dan JPY yang mampu menguat terhadap USD,” imbuhnya.

Pihaknya memperkirakan, pergerakan rupiah akan berada di batas bawah (support) 13.636 dan batas atas (resisten) 13.612 sehingga diharapkan dapat lebih positif pergerakannya.

Adapun Rupiah mampu, kali ini, memanfaatkan momentum terjadinya kenaikan meski tidak banyak sentimen positif dari dalam negeri.

“Meski demikian, tetap waspada berbagai sentimen yang dapat memicu pelemahan kembali,” tandasnya.

(mys/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP