Minggu, 25 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Seram Bagian Barat Heboh, Pertama Kali Didatangi Presiden

| editor : 

Warga Seram Bagian Barat ikut tumpah ke jalanan menyambut kedatangan Presiden Jokowi

Warga Seram Bagian Barat ikut tumpah ke jalanan menyambut kedatangan Presiden Jokowi (Folly Akbar/Jawa Pos)

JawaPos.com - Jalanan Trans Seram di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku mendadak padat dan macet, pada Rabu siang (14/2). Tak biasanya, ribuan warga tumpah ruah turun ke jalanan. Peristiwa itu sendiri sangat dimaklumi.

Pasalnya, hari itu menjadi momen bersejarah bagi warga SBB. Untuk pertama kalinya sejak kabupaten berdiri tahun 2003, ada presiden yang menginjakkan kaki di tanah mereka. Dan yang mengawalinya adalah Presiden Jokowi.

"Sejak pemekaran, baru sekarang dikunjungi Presiden," kata Bupati SBB, Muhammad Yasin Payapo saat memberikan sambutan.

Dia sendiri berharap, kunjungan tersebut bukan yang terakhir kalinya. "Kalau ada sumur di ladang, boleh kami warga SBB menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, boleh kita bertemu kembali," imbuhnya melalui pantun yang disambut gemuruh hadirin.

Menurut warga setempat, terakhir kali Presiden datang ke Pulau Seram adalah presiden Soekarno. Namun saat itu, Kabupaten Seram Bagian Barat belum ada.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos, sejak mendarat di Helipad Mako Rindam XVI/Pattimura, Desa Gemba, Waimital sekitar pukul 11.45 WIT, warga sudah berbondong-bondong. Mereka ingin melihat orang nomor satu di Indonesia itu.

Sepanjang jalan menuju pembagian Kartu Indonesia Pintar di Desa Kelapa Dua, Waimital, ribuan warga berbaris di sisi jalan. Bahkan, beberapa kali, rombongan presiden tersendat akibat penuhnya jalanan.

Banyak di antaranya, yang berupaya mengabadikan melalui ponsel kameranya.
Sebagian lainnya, berlari dan berebut kaos dan peralatan sekolah yang banyak dibagikan presiden di sepanjang jalan.

Seolah belum puas, saat Presiden Makan di Rumah Makan Lumayan tidak jauh dari lokasi, ribuan warga kembali menggeruduk. Puluhan petugas keamanan pun dibuat repot olehnya.

Kunjungan Jokowi ke SBB merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden di Provinsi Maluku Utara. Di situ, presiden meninjau program padat karya tunai serta pembagian kartu Indonesia sehat dan program keluarga harapan.

(far/JPK)

Sponsored Content

loading...
 TOP