Minggu, 25 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Belum 60 Hari KPK OTT 5 Kepala Daerah, Tjahjo: Saya Merasa Terpukul

| editor : 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (JawaPos.com)

JawaPos.com - Baru menginjak bulan ke dua di tahun 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan lima kepala daerah sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi. Semuanya diamankan melalui operasi tangkap tangan (OTT). 

Paling terakhir yang baru saja terjadi beberapa jam lalu adalah, OTT Bupati Lampung Tengah, Mustafa yang merupakan kader Partai Nasdem.  

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tajhajo Kumolo merasa terpukul atas tindakan KPK, sebab kepala daerah merupakan mitra Kemendagri dalam membangun hubungan tata kelola antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Dengan banyaknya OTT, saya merasa terpukul juda sedih dan prihatin," kata Tjahjo dalam pesan singkat, Rabu (14/2).

Menurut Tjahjo, seharusnya setiap kepala daerah harus paham wilayah rawan korupsi. Sehingga tidak mudah tertangkap oleh lembaga antirasuah. “Karena setiap saat kita lengah pada godaan pasti terjerat," papar Tjahjo.

Meski demikian, Tjahjo meminta kepada KPK untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah dalan menjalankan tugasnya.

"KPK dalam fungsi pencegahan sudah selalu mengingatkan juga pada Kemendagri, Pemda, Provinsi, Kabupaten dan Kota, sampai ke desa," pungkas Tjahjo.

Terbaru, sehari setelah menangkap Bupati Kerawang, KPK hari ini baru saja menggelar OTT terhadap Bupati Lampung Tengah.

"11 orang diamankan, termasuk Bupati Lampung Tengah berinisial M," terang sumber JawaPos.com, di Jakarta, Rabu (14/2) malam. 

Adapun para pihak yang diciduk selain sang bupati antara lain T, A, A I ,A, Z, I, K, E, dan E. Saat ini para pihak yang diamankan sebagian besar telah sampai di Gedung KPK sejak Rabu (14/2) malam. 

Mereka tengah menjalani pemeriksaan intensif guna ditentukan status hukumnya dalam waktu 1x24 jam.

"Sudah di lantai 2  delapan orang (ruang penyidikan), tiga orang tengah dalam perjalanan," imbuh sumber tersebut.

Terpisah ketika dikonfirmasi perihal adanya penangkapan tersebut, Sejumlah pimpinan KPK belum mau merespon. demikian juga dengan juru bicara KPK Febri Diansyah.

(rdw/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP