Jumat, 23 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Iklan Tembakau, Pierce Brosnan Bisa Dipenjara Dua Tahun

| editor : 

Pierce Brosnan

Pierce Brosnan (BBC)

JawaPos.com - Pemerintah India mengatakan, mereka telah meminta aktor Pierce Brosnan untuk menjelaskan mengapa ia berada dalam sebuah iklan penyegar mulut lokal yang terkait dengan bentuk kecanduan mengunyah tembakau.

Aktor Hollywood tersebut bisa didenda Rs 5.000 atau sekitar Rp 1 juta atau dipenjara selama dua tahun jika dia tidak merespon dalam waktu 10 hari. Ini menurut beberapa pejabat seperti dilansir Indian Express, Rabu, (14/2).

Sebab hukum India melarang semua iklan produk tembakau. Mantan aktor James Bond tersebut pernah mengatakan, penggunaan gambarnya itu 'tidak sah' dalam iklan Pan Bahar pada 2016. Saat kali pertama iklan tersebut muncul.

"Kami telah mengeluarkan pemberitahuan tersebut kepada Pierce Brosnan melalui perusahaan yang berkaitan dengan iklan itu. Juga menghubungi dia melalui platform media sosial," kata pejabat dari Departemen Kesehatan Delhi kepada surat kabar Indian Express.

Pan Bahar biasanya diasosiasikan dengan pan masala dan gutka, campuran ampuh tembakau, sirih, kapur, dan cengkeh di antara bahan lainnya. Ini dikunyah dan kemudian orang yang mengunyahnya akan meludah berwarna merah terang.

Kebiasaan buruk ini dilakukan oleh jutaan orang India, meski mengakibatkan kecanduan efek psikotropikanya level ringan. Namun bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kanker mulut.

Brosnan pernah mengatakan kepada majalah People bahwa kontraknya adalah untuk mengiklankan satu produk penyegar nafas atau pemutih gigi yang tidak mengandung tembakau atau bahan berbahaya lainnya. Namun pemerintah India meminta penjelasan secara resmi darinya langsung.

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP