JawaPos Radar

Ini Pencapaian Iran Sejak Revolusi

14/02/2018, 16:04 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Ini Pencapaian Iran Sejak Revolusi
Iran (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Setiap tanggal 12 Februari, warga Iran bergembia merayakan kelahiran Revolusi Islam dan Hari Nasional Republik Islam Iran. Sekarang sudah yang ke-39 tahun.

Pada ulang tahun yang ke-39 tahun ini Iran menyatakan sudah melakukan pencapaian yang signifikan. Revolusi Islam membuat Iran menjadi lebih kokoh dalam menghadapi kesulitan selama empat dekade.

"Revolusi Iran bertujuan untuk melawan depotisme domestik dan dominasi asing serta mencapai kebebasan, keadilan, dan kemerdekaan. Membuka sebuah babak baru yang didasarkan pada partisipasi dan suara rakyat untuk mewujudkan tekad nasional dengan mendirikan sebuah republik yang terus berkembang," kata Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammad, beberapa hari lalu.

Pencapaian sejak dilakukan Revolusi Islam yang dimaksud oleh Valiollah Mohammad antara lain kemerdekaan politik, memberikan hak politik pada warga negara, menjaga kesetaraan gender, meningkatkan partisipasi sosial perempuan, melestarikan hak-hak minoritas, pertumbuhan ilmiah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mendukung pemodal domestik asing.

Salah satu hal yang paling membangggakan dalam beberapa pencapaian tersebut adalah demokrasi di pemilihan umum. "Setelah Revolusi Iran, telah terjadi 40 pemilihan nasional bebas, pada pemilihan 19 Mei 2017, ada 73 persen partisipan dengan memilih Presiden Rouhani kembali," kata Valiollah Mohammad.

Tak lupa, Valiollah juga membahas kuatnya hubungan Iran dan Indonesia dalam beberapa sektor. Di usia kerja sama yang sudah mencapai 67 tahun, kerja sama kedua negara mengalami perkembangan.

Misalnya, beberapa kerja sama khususnya di bidang energi telah mencapai titik final, yaitu Pertamina akan melakuka investasi di Iran pada dua ladang minyak yang dimiliki oleh Iran. BUMN Iran juga akan meningkatkan daya lisrik di Indonesia lebih dari 5.000 megawatt.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up