JawaPos Radar

KPU Dapati Ratusan Warga Belum Kantongi KTP

13/02/2018, 21:31 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Data Pemilih
ILUSTRASI (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mendapati ratusan warga Solo yang belum mengantongi identitas maupun surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Data ini merupakan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) yang sudah dilakukan oleh KPU sampai hari ini.

Dengan hasil ini, KPU pun berkoordinasi dengan Disdukcapil mengingat, syarat utama untuk Pilkada mendatang adalah KTP atau Suket.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Komisioner KPU Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Badan Penyelenggara dan Perencanaan Kajad Pamudji kepada JawaPos.com, Selasa (13/2).

Lebih lanjut Kajad mengatakan, setidaknya ada 151 warga yang tidak memiliki KTP atau pun Suket. "Padahal mereka sudah masuk sebagai kategori pemilih atau yang sudah punya hak suara. Dan untuk Pilkada nanti itu kan menjadi syarat utama," terang Kajad. 

Meski begitu, Kajad mengatakan, bahwa jumlah tersebut masih tergolong sangat kecil jika melihat dengan warga yang punya hak pilih mencapai 43.726 jiwa. Tetapi bukan berarti pula KPU akan berdiam saja dengan data ini. Nantinya KPU akan menggandeng Disdukcapil.

Hal ini dilakukan agar warga pemilih itu bisa tetap memberikan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur 27 Juni mendatang. "Kami ingin mereka yang belum punya KTP atau Suket untuk mendapatkan rekomendasi dari Disdukcapil sehingga tetap bisa memilih. Tapi nanti kami selesaikan dulu coklitnya," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Solo, Suwarta mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil coklit yang dilakukan oleh KPU. Jika nantinya, ditemukan ada warga yang belum memiliki KTP karena belum rekam, maka pihaknya akan segera melakukan perekaman.

"Kalau tugas kami hanya sebatas untuk mengeluarkan nomor induk kependudukan (NIK), jadi nanti kalau ada warga yang belum punya NIK, akan kami terbitkan," ucapnya

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up