Sabtu, 24 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Terlambat Ganti Oli Gardan, Bikin Dompet Sekarat

| editor : 

Camber Oli gardan NMax

Camber Oli gardan NMax (Teguh Jiwa Brata)

JawaPos.com – Oli transmisi atau oli garden sering luput dari perhatian pemilik skutik. Mekanik dari Depok, Rendi, memberikan tips merawat motor skutik utamanya NMax.

"Setau saya, yang paling sering dilupakan itu adalah oli gardan. Nah karena dari dulu patokannya oli mesin," katanya, di bengkel Voltus Light Werks, Depok, Minggu (11/2).

Rendi menjelaskan, posisi oli gardan berada di belakang sestem CVT motor NMax. Motor yang mengalami keterlambatan penggantian oli akan cepat mengalami keausan di bagian gear.

Semakin lama keterlambatan, kian banyak kemungkinan jumlah gear yang mengalami keausan dini. Jika hal ini terjadi, sudah pasti isi kantong akan terkuras lantaran Anda harus mengganti banyak gear yang aus. Harga part tersebut mahal.

"Ibaratnya kalau di mobil itu transmisi gearbox. Kalau sudah kena, ganti gear-nya lumayan. Saran saya sih, seperti yang saya gunakan juga, patokannya adalah oli mesin, yakni mengganti dua kali oli mesin, satu kali mengganti oli gardan," bebernya.

Chamber Oli gardan NMax berkapsitas 150 ml. Tapi, Rendi mengatakan, pemakaian oli gardan sedikit dilebihkan menjadi 250 ml atau ditambah 100 ml. Menurutnya, hal ini tidak akan menjadi terlalu banyak, sebab jumlah ini masih berada di batas wajar.

Lalu mengenai CVT. Rendi mengatakan, para pengguna juga sering melupakan van belt. Padahal, di speedometer NMax, sudah ada fitur v-belt trip yang berfungsi untuk mengingatkan jadwal melakukan pengecekan van belt.

"Sebaiknya kalau sudah di angka 20 ribu meskipun van belt masih bagus secara kasat mata, lebih baik diganti. Dikhawatirkan, terjadi retak di bagian dalam.  Terutama untuk motor yang dikendarai di Jakarta, kita tidak bisa berbicara kilometer (km). Macet, tapi mesin tetap muter. Maksimal 20 ribu sampai 25 ribu itu sudah harus ganti van belt," tuturnya.

(ce1/sab/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP