Sabtu, 24 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Ini Sumber Suara Bising Seperti Pesawat Tadi Malam?

| editor : 

Asteroid

Asteroid (Virtual Telescope)

JawaPos.com - Pada Jumat, (9/2) sangat ramai di Twitter perbincangan netizen mengenai sebuah suara bising seperti pesawat yang melewati sejumlah kota di Indonesia.

Apakah sumber suara bising tersebut kemungkinan berasal dari Asteroid 2018 CB yang baru ditemukan lima hari yang lalu? Asteroid itu lalu melewati bumi pada Jumat malam.

Jarak asteroid tersebut terhadap bumi bisa sangat dekat karena hanya 43.300 mil. Asteroid berukuran 40 meter ini akan lewat hanya seperlima jarak antara bumi dan bulan.

Asteroid ini pertama kali terlihat oleh Catalina Sky Survey di Tucson, Arizona, sebuah proyek yang didanai oleh NASA. Proyek ini bertujuan untuk mencatat asteroid yang berbahaya.

Namun, untuk saat ini belum ada tanda-tanda bahwa asteroid tersebut berbahaya. "Meskipun CB 2018 cukup kecil, tapi ini lebih besar dari asteroid yang memasuki atmosfer di Chelyabinsk, Rusia, pada tahun 2013," kata Manajer Pusat Studi Objek NASA, Paul Chodas dilansir dari BBC Jumat (9/2).

Ia menambahkan bahwa Asteroid dengan ukuran ini tidak sering dekat dengan bumi, mungkin hanya satu atau dua kali dalam setahun.

Asteroid kecil lainnya pernah lewat pada pekan ini. Dikenal sebagai 2018 CC, pada tanggal 6 Februari objek itu mendekat ke bumi dengan jarak 114.000 mil. Asteroid tersebut diperkirakan berukuran antara 15 meter dan 30 meter.

(iml/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP