Sabtu, 24 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Presiden Terkagum-kagum Saat Kunjungi Desa Terindah di Dunia

| editor : 

Pariangan, Desa Terindah,

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berada di Nagari Pariangan. (Nanda/Padang Ekspres/Jawa Pos Group)

JawaPos.com - Kunjungan Presiden Jokowi ke Sumatera Barat (Sumbar) selama beberapa hari tidak hanya mengisi agenda untuk penyambutan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, tapi melakukan lawatan ke sejumlah tempat. Salah satu yang paling menarik yakni mengunjungi Nagari Pariangan, sebuah desa terindah di dunia versi Majalah Travel Budget Amerika. Desa itu berada di Kabupaten Tanah Datar.

Agenda kunjungan tersebut, sempat tertunda sehari dari yang sebelumnya pada Kamis (8/2) menjadi Jumat (9/2). Ternyata pada jumat subuh, Jokowi bisa menikmati pemandangan di Pariangan. Selama 30 menit di Pariangan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu begitu terkagum-kagum menikmati indahnya alam desa tersebut. Bahkan Menteri yang ikut hadir pada subuh itupun ikut berswafoto.

Begitu juga dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dia menyampaikan rasa kagumnya atas pesona dan keunikan Nagari Tuo yang dipercaya sebagai daerah yang menjadi asal-usul masyarakat Minangkabau tersebut.

Seperti dituturkan istri Wakil Bupati Tanahdatar Retri Usda, Ibu Negara merasa takjub dengan keindahan Pariangan. “Bahkan, beliau berencana akan datang kembali ke Pariangan membawa keluarga untuk menyaksikan spot-spot lain di nagari itu,” ungkap Retri yang mendampingi Iriana Joko Widodo di Pariangan.

Sebelumnya ke Pariangan, mantan Wali Kota Solo itu sudah berada di Tanah Datar dengan agenda meninjau Daerah Irigasi (DI) Bandar Pincuran VII di Jorong Piliang, Nagari Limakaum dengan areal seluas 525 hektare. DI tersebut merupakan bagian dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang digalakkan Kementerian (PUPR).

Usai kunjungan menjelang magrib itu, rombongan Presiden disambut Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi beserta Ny Emi Irdinansyah di Hotel Emersia Batusangkar.

Bupati Irdinansyah menyampaikan terima kasih atas berkenannya Presiden menginap di kota kecil Batusangkar. “Masyarakat Tanahdatar menyambut baik kunjungan Bapak Presiden beserta Ibu. Mudah-mudahan meninggalkan kesan yang baik selama berada di Luak Nan Tuo,” sebut Irdinansyah.

(iil/jpg/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP