Senin, 21 May 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Warga Korsel Ramai-ramai Bakar Foto Kim Jong Un, Ada Apa?

| editor : 

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un (KCNA)

JawaPos.com - Sejumlah politikus dan aktivis konservatif Korea Selatan (Korsel) beramai-ramai membakar bendera Korea Utara (Korut) dan foto pemimpinnya Kim Jong-un. Ini dilakukan saat kunjungan delegasi tinggi Korut ke Olimpiade Musim Dingin.

Mereka berkumpul di Stasiun Seoul untuk menemui delegasi, di antaranya pemusik papan atas Korut Hyon Song-wol, yang telah menarik perhatian masyarakat Korsel selama tur dua harinya.

Kunjungan Hyon merupakan bagian dari rangkaian kesepakatan yang dihasilkan dari perundingan antar Korea bulan ini.

Rudal Korut

Rudal Korut (KCNA)

Kedua belah pihak juga akan membentuk tim hoki es putri gabungan untuk berlaga di Olimpiade, yang akan dimulai pada 9 Februari. Masyarakat telah menunjukkan simpati untuk atlet hoki Korsel yang bisa saja kehilangan posisi di Olimpiade.

Pihak konservatif menyatakan kekhawatiran mereka bahwa Korsel terlalu menyambut baik pihak Korut. Padahal dunia sibuk menekan ambisi program senjata nuklir Korut dengan sejumlah sanksi.

Setelah Hyon dan rekan-rekannya melanjutkan perjalanan dari Stasiun Seoul, petugas polisi mulai memadamkan api yang melahap spanduk dengan wajah Kim Jong-un.

"Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang kini berubah menjadi 'Olimpiade Pyongyang Kim Jong-un', yang secara tidak langsung mendukung program senjata nuklir dan menyuarakan propaganda rezim Utara," ujar pengunjuk rasa seperti dikutip oleh kantor berita Yonhap.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Senin, (22/1), para aktivis juga membakar bendera unifikasi, yang telah disepakati Seoul dan Pyongyang untuk dikibarkan bersama dalam upacara pembukaan Pyeongchang 2018.

Ribuan pengunjuk rasa menunjukkan sentimen anti-Utara serupa di sejumlah jalanan di Seoul pada November lalu, di tengah kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Meskipun begitu, Presiden Korsel Moon Jae-in telah menyatakan akan melakukan pendekatan dua arah, dengan bersikeras untuk mewujudkan denuklirisasi Korut, sekaligus dialog untuk mengurangi ketegangan.

(iml/met/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP