Sabtu, 24 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Memanas, Turki Tuding Pasukan Assad Bantu Pemberontak Kurdi

| editor : 

Kota Afrin

Kota Afrin (Reuters)

JawaPos.com - Pasukan rezim Presiden Syria Bashar al-Assad membantu milisi Partiya Yekîtiya Demokrat (PYD) / PKK atau pemberontak Kurdi di Aleppo dengan mengirimkan bantuan senjata ke kota barat laut Afrin. Turki di sana melancarkan operasi penumpasan pemberontak Kurdi pada hari Sabtu, (20/1).

Seperti dilansir Anadolu Agency, pasukan rezim Assad membuka jalan bagi para milisi pimpinan Sheikh Maqsoud PYD-PKK guna memberikan bantuan.

Dengan izin dari rezim Assad tersebut, organisasi PKK mulai menggunakan jalan Nubl dan Al-Zahra yang menghubungkan pusat Aleppo dengan Afrin. Ini menurut sebuah sumber.

Sejumlah milisi PYD / PKK melengkapi diri dengan amunisi dalam kendaraan telah bergerak ke arah Afrin.

Staf Umum Turki mengkonfirmasi, mereka meluncurkan Operasi Ranting Zaitun pada hari Sabtu pukul 5.00 sore.

Menurut militer, operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, dan hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB.

Operasi tersebut juga akan mempertimbangkan sensitivitas dan tidak ada orang sipil atau orang tidak bersalah yang akan dirugikan.

PYD / PKK adalah cabang Suriah dari kelompok teroris PKK, yang telah disebut sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa.

Sejak pertengahan 1980an, PKK telah melancarkan kampanye teror yang luas melawan negara Turki di mana 40.000 orang telah terbunuh.

(iml/met/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP